Rumahkay – Tour de Ambon Manise yang telah dimulai sejak tanggal 17 November 2018 melintasi beberapa objek wisata di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, akhirnya tiba di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat pada tanggal 19 November 2018 kemarin. Peserta Tour yang digawangi oleh Kapolda Maluku, Kasdam XVI Pattimura, Wakapolda Papua Barat, Irwasda Polda Papua Barat, Koorlantas Mabes Polri bahkan pada etape awal juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ini juga diikuti oleh 431 peserta lainnya dari luar negeri dan dalam negeri sendiri seperti Jakarta, Bandung, Manado,Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura dan daerah lainnya dengan latar belakang profesi yang beraneka ragam diantaranya Polwan, Polki, Anggota TNI, Pejabat BUMN, dokter, sampai masyarakat biasa yang gemar akan olahraga bersepeda ini.

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dalam sambutannya disaat acara penerimaan rombongan di Desa Rumahkay menjelaskan bahwa Tour de Moluccas ini bukan sekedar. Tour ini adalah kegiatan berkumpulnya para pecinta sepeda yang mencoba mengeksplor dan menikmati keindahan alam dan wisata yang ada di provinsi Maluku ini. Selain tentunya memupuk silahturahmi juga. “Disini hadir beberapa pejabat dari Maluku dan luar Maluku, juga rekan rekan penggila sepeda dari berbagai daerah bahkan mancanegara. Kami bersepeda sambil menikmati indahnya panorama yang ada di Maluku. Kemarin beberapa tempat wisata telah kami eksplor di Kota Ambon bahkan sampai ke Pantai Ina Marina Masohi dan Pulau Ora. Hari ini kami menikmati hijaunya alam yang terhampar di Kabupaten Seram Bagian Barat. Semoga dengan ini, potensi keindahan alam ini dapat kami promosikan lebih luas lagi sehingga banyak yang mengunjungi Maluku”.

Sementara itu, di tempat yang sama Bupati SBB Drs M. Yasin Payapo, M.Pd mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Maluku dan rombonganTour de Ambon Manise. Pemerintah Kab SBB menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas keinginan baik peserta tour. ” Saya berharap, alam dan masyarakat SBB akan menempati hati bapak ibu semua, sehingga nanti akan kembali berkunjung”.

Dalam moment ini juga Kapolda Maluku, Kasdam XVI PTM, Wakapolda Papua dan beberapa pejabat lainnya didampingi oleh Bupati SBB, Wakil Bupati SBB, Sekda SBB, Kapolres SBB dan Kajari SBB memberikan bantuan tali kasih kepada masyarakat di Desa Rumahkay.

Peserta tour pun kembali melakukan start menuju pelabuhan feri waipirit untuk selanjutnya bertolak kembali ke kota Ambon.

“Touring boleh, tertib berlalu lintas tetap diutamakan”

LEAVE A REPLY