Piru : Komando Daerah Militer (Kodim) 1502 Masohi Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menggelar kegiatan Apel Serbuan Toritorial, di Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat dengan berbagai kegiatan pembersihan lingkungan diwilayah pantai Waimeteng pantai dan penanaman pohon di Desa Eti.

Kebersihan lingkungan di sekitar pantai Waimeteng dilakukan hari pertama (6/3/20). Dalam kegiatan tersebut juga melibatkan anggota TNI Satgas PAM, Anggota Brimob Piru, Polres, Satpol PP SBB, OPD SBB, Pemerintah Desa Piru, Neniari, Waimeteng, Morekau, Lumoli, dan Desa Eti, serta pelajar SMP Negeri 1 Piru, SMP Kristen, termasuk keterlibatan Remaja Masjid dan Remaja Angkatan Muda GPM.

Hari kedua, kegiatan penanaman 538 pohon yang dipusatkan di lingkungan jambatan Air Eti Desa Eti yang di ikuti oleh 514 peserta. Diantaranya Kodim 1502 Masohi 90 Orang, BKO Kodim SBB 22 orang, Satgas PAM-136 sebanyak 20 orang, Brimob Piru 20 orang, Polres 20 orang, Satpol PP Kab. SBB 20 orang, Dinas PU 20 orang. Dinas Lingkungan Hidup Kab. SBB sebanyak 20 orang, Deperindag 20 orang, Dinas Pariwisata 20 orang, Dinas Capil 20 orang, Kantor Camat Seram Barat 20 orang, Dinas Koperasi 20 orang, Bagian Umum Kantor Bupati SBB 20 orang, dari Desa Piru 40 orang, Desa Neniari 20 orang, Desa Eti 50 orang, siswa SMP Neg 1 piru 40 siswa, SMP Kristen 40 siswa, Desa Morekau 20 orang, Desa Lumoli 120 orang, siswa SMP Eti 30 siswa, pemuda dan Remaja Kristen 30 orang, Remaja Muslim 10 orang.

Pohon yang ditanam yaitu Rambutan 55 pohon, Mangga aru manis 63 pohon, Cengkih 60 pohon, Pala 77 pohon, Mahoni 168 pohon, Lenggua 32 pohon, Durian 60 pohon, Kayu besi 15 pohon, Pate 3 pohon, Gandaria 5 pohon,

Menurut Dandim 1502 Masohi, Letkol Inf Nunung Wahyu Nugroho, dalam pressrilisnya menjelaskan Kegiatan ini selain untuk menanamkan rasa cinta tanah air buat masyarakat, juga memberikan rasa cinta lingkungan. Pentingnya menjaga dan merawat lingkungan yang bersih, biar masyarakat tidak lagi membuang samapah sembarangan, apalagi membuangnya ke kali dan laut sangat berdampak bagi lingkungan termasuk bagi biota laut.

Sementara itu, adanya dukungan Pemerintah kabupaten SBB serta antusias masyarakat SBB dalam memaknai manfaat positif dari kegiatan serbu toritorial. Untuk itu, Nugroho berharap, ada kesadaran dari masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan tidak ada lagi yang membuang sampah di kali dan laut. Termasuk kesadaran untuk menjaga dan merawat ratusan pohon yang sudah ditanam, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

LEAVE A REPLY