GELAR FGD SIAHAYA PAPARKAN MEKANISME KLHS DAN PEMBENTUKAN TIM POKJA PL KAB. SBB

0
15

PIRU- Dina Lingkungan Hidup Kabupaten Seram Bagian Barat bekerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama Pokja Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam rangka penyusunan  Kajian Lingkungan Hidup Strategis RPJMD Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat, di lantai tiga gedung kantor Bupati  Seram Bagian Barat, Desa Morekau.

Menurut Dr. Netty Siahaya,M.Si dalam materi yang disampaikan terkait pembentukan Pokja Pengendalian Lingkungan mengatakan dalam pemendagri No.54 Tahun 2010 telah menjelaskan tentang pemendagri Tim Penyusun RPJPD/RPJMD dengan surat keputusan tim penyusun yang terdiri dari sejumlah pokja sesuai urusan pemerintahan.

Selain itu, juga dijelaskan tentang Pebentukan Pokja Pengendalian Lingkungan (PL) dengan Surat Keputusan. Pokja PL sendiri merupakan satu kesatuan dengan Tim Penyusun RPJPD/RPJMD dan wajib bekerjasama dengan Pokja lain dengan koordinasi Ketua Tim Penyusun.

Katanya pula, Pokja PL diketuai oleh Kepala SKPD lingkungan dan Kabid SDA dan LH di Bappeda sebagai sekertaris, sementara para anggotanya meliputi pejabat dan staf SKPD dan unsur di luar pemerintahan yang memiliki kemampuan dan kompetensi dalam perencanaan dan pembangunan berkelanjutan.

“ Dalam melaksanakan tugasnya Tim juga bisa mengadakan jasa tenaga ahli, sebagaimana diatur kategori tenaga ahli yaitu; dimana ketua dan sekertaris Pokja PL dapat merekut tenaga ahli atau pakar sebagai mitra kerja, kualifikasi tenaga ahli atau pakar disesuaikan dengan isu strategis pembangunan berkelanjutan yang menjadi focus kajian, tenaga ahliberperan sebagai narasumber, fasilitator, motivator, pendamping dan sekaligus konsultan bagi anggota Pokja.”  Jelas Siahaya.

Untuk itu, tenaga ahli yang bekerjasama dengan Tim Pokja memiliki tugas dan tanggungjawab sebagai fasilitator dalam lokakarya, workshop, dan pertemuan lainnya, melakukan pelingkupan, pengumpulan dan analisa baseline data dengan melakukan pengkajian pengaruh terhadap  visi, misi, tujuan, arah kebijakan, sasaran pokok RA RPJPD, merumuskan langkah mitigasi atau alternative, merumuskan rekomendasi untuk integrasikan ke dalam rancangan awal RPJPD dan menyusun laporan akhir KLHS.

Untuk itu, Siahaya berharap dengan adanya pembentukan Tim Pokja PL kabupaten Seram Bagian Barat  dapat memberikan sebuah pengkajian terhadap berbagai permasalahan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Barat sehingga dapat dikembangkan dalam program pemerintah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Barat.

LEAVE A REPLY