Piru: Untuk kali ke- 3 (tiga) Gerakan Sadar Pajak di Kabupaten Seram Bagian Barat digalakan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat yang menambahkan lagi Duta Pajak sebagai Informan Pajak diwilayah masing-masing. Masih tetap dengan tujuan digelarnya kegiatan ini adalah menjelaskan pajak dalam keseharian yang menjelaskan konsep pajak, menjelaskan fungsi pajak dalam pembangunan, pajak sebagai perwujudan kewajiban warga negara, pengelolaan pajak itu sendiri serta lainnya di daerah-daerah yang minim dengan informasi pajak daerah.

Masih tetap dengan misi yang sama, pendekatan yang dilakukan untuk melebarkan sayap dalam rangka upaya Peningkatan Dan Pengembangan Pengelolaan Keuangan Daerah untuk kegiatan Gerakan Sadar Pajak di Bumi Saka Mese Nusa adalah menjadikan Perempuan dan Anak sebagai Duta Pajak.

Pada hari Selasa – Rabu, 29 – 30 September 2020, 3 (tiga) lokasi yang dipilih mewakili perempuan dan anak yang melaksanakan aktivitasnya di daerah potensi pengembangan ekonomi dan daerah kawasan perekonomian adalah Kecamatan Kairatu dan Kecamatan Seram Barat dan Kecamatan Taniwel dengan kelompok masing-masing:

  1. Anak-anak Sekolah Minggu Tunas Pekabaran Injil dimulai dengan persiapan, anak-anak dikumpulkan dan menerima arahan dari Kepala Bidang Administrasi Pendapatan Ibu Dessy N. Sulipatty, SE dan staf BAPENDA tentang tujuan dan sasaran kegiatan Gerakan Masyarakat Sadar Pajak ini.
  2. Para Ibu-ibu jemaat GPM Murnaten Desa Murnatem Kecamatan Taniwel yang dikumpulkan di Balai Desa Murnaten.

Kegiatan ini berupa aksi atau gerakan turun lapangan dan membagikan stiker Pajak dan menempelkannya pada tempat-tempat dan fasilitas umum seperti: Kantor Camat, Kantor Desa, Balai Desa, Rumah-rumah makan, pangkalan ojek, kos-kosan, rumah penduduk, Kios atau toko, terminal, pasar, dan fasilitas umum lainya.

Semua ini dilaksanakan untuk menghasilkan kepatuhan pajak oleh masyarakat khususnya perempuan dan anak melalui edukasi yang dilaksanakan secara kontineu dan lebih luas dari tingkat dasar, menengah dan tinggi nantinya. Kegiatan ini akan tetap dilaksanakan berlanjut karena mendapat antuasias dari masyarakat di Kecamatan, Desa bahkan dusun lainnya.

Misi BAPENDA Kab. SBB adalah menumbuhkan budaya sadar sejak usia dini (anak), sebagai bagian membangunan masa depan perpajakan di Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku bahkan bangsa Indonesia seutuhnya.

BAPENDA berupaya agar masyarakat Seram Bagian Barat dapat sadar sepenuhnya untuk membayar pajak. Ketika masyarakat memiliki kesadaran maka membayar pajak akan dilakukan secara sukarela bukan keterpaksaan.

Dalam kegiatan ini juga dibagikan Kaos Pajak kepada para Duta Gerakan Pajak yang mempunyai tujuan mempublikasikan, mengajak orang untuk memahami tentang pajak dan sampai menciptakan gerakan sadar pajak itu sendiri atau selft assemment dalam membayar pajak. Masyarakat juga perlu untuk mengawasi pajak agar berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mari kase bae SBB dengan Membayar Pajak”. sesuai slogan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten seram Bagian Barat.

Kenapa harus membayar pajak?

Segala bentuk Pembangunan / Pemeliharaan fisik maupun non fisik lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat bersumber dari Pajak yang anda bayar.

Mari kita bangun daerah ini dengan membanyar pajak!!!

Ayoo Bayar Pajak, karena dengan demikian anda telah membuktikan bahwa Anda telah membuat kebaikan bagi Bumi Saka Mese Tercinta

LEAVE A REPLY