PIRU. Menjelang Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Juni mendatang, Badan Pengawasan Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Maluku giat lakukan diseminasi informasi terkait dengan Pelanggaran Pemilu. Diseminasi informasi difokuskan pada seluruh jajaran Panitia Pengawasan Pemilihan Umum ( Panwaslu ) Kabupaten/Kota Se-Provinsi Maluku. Diharapkan kepada seluruh Panwaslu Kabupaten agar meneruskan sampai ke level kecamatan.

Diseminasi Informasi Pelanggaran Pemilu bisa dilakukan baik itu face to face comunication maupun melaui media online seperti Facebook, Whats App, Instagram, dan media luar ruang seperti spanduk, baliho dan poster . Melalui Diseminasi Informasi ini diharapkan kepada seluruh masyarakat khususnya Aparatur Sipil Negara ( ASN ), TNI dan Polri agar lebih berhati-hati dalam melakukan tindakan-tindakan yang terindikasi sebagai Pelanggaran Pemilu berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016.

Ketika dikonfirmasi melalui Whats App oleh reporter sbbkab.go.id siang ini, Anggota Bawaslu Provinsi Maluku, Paulus Titaley, ST, SH, MH mengatakan, diseminasi informasi sebagai suatu kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mendapatkan informasi sehingga timbul kesadaran, menerima dan memanfaatkan informasi sehingga meminimalisir terjadinya pelanggaran pemilu. Diseminasi Informasi adalah penyebaran informasi. Penyebaran informasi dapat dilakukan melalui berbagai media dan Kami memilih media spanduk dan poster sebagai untuk menyebar informasi tentang HAK PEMILIH dan LARANGAN yang tidak boleh dilaksanakan dalam proses pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur dan Walikota secara serentak Tahun 2018.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan AntarLembaga yang biasa disapa Pak Poly itu menjelaskan lebih lanjut, selain itu ada juga informasi ketentuan PEMILIH yang terdapat dalam DPT saat menggunakan hak pilih di TPS membawa C6 WAJIB menunjukan KTP-EL/SUKET dari Dukcapil setempat. Dari sekarang kami informasikan agar PEMILIH yang belum memiliki KTP-EL/SUKET agar sedini mungkin, mereka dapat mengurusi KTP-EL. Poster -poster akan ditempelkan oleh Pengawas TPS pada tiap TPS saat pemungutasN suara. Semua ketentuan kami cantumkan dengan maksud diketahui oleh Pemilih, Petugas KPPS, dan masyarakat lainnya.

 

LEAVE A REPLY