Dikutip dari situs berita online Kompas.com pada Kamis (04/07/2019) pukul 21.11 Wib lalu, Pemerintah kembali akan membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 sebanyak 254.173 orang yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK/P3K). Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Muhammad Ridwan, mengatakan terkait proses dan jadwal seleksi CPNS 2019 akan dibuka pada Oktober ini. Oleh karena itu, maka media ini berinisiatif untuk meminta konfirmasi  kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB).

Kepala BKPSDM Kab. SBB Manan Tuarita, S.Sos yang ditemui diruang kerjanya membenarkan hal tersebut serta menyatakan Pemda Kab. SBB telah mengajukan usulan jumlah CPNS kepada Pemerintah pusat lewat KEMENPAN-RB dan tinggal menunggu balasan terkait berapa banyak kuota CPNS dari Kab. SBB yang disetujui.

Untuk itu Manan mengatakan, “Bagi mereka yang berniat mengikuti seleksi CPNS nantinya saya himbau untuk dapat mempersiapkan dirinya semenjak jauh-jauh hari. Ini berkaca dari seleksi CPNS tahun lalu dimana banyak dari para peserta yang gagal melewati batas ambang nilai kelulusan atau passing grade yang ditetapkan pemerintah dikarenakan kurangnya persiapan, disamping nilai passing grade yang dirasa cukup tinggi”.

Kepala BKPSDM saat diwawancarai media ini.

“Kita belum tahu apakah passing grade untuk tahun ini oleh pemerintah ditetapkan sama atau akan ada perubahan, dimana tahun lalu pun sempat disesuaikan (diturunkan) karena rendahnya tingkat kelulusan, namun yang pasti diharapkan anda-anda harus siap secara mental maupun fisik. Mental dan semangat yang kuat juga merupakan salah satu persiapan yang penting Anda lakukan. Disarankan untuk tetap bersikap positif, rajin berdoa serta selalu optimis selama menjalani berbagai persiapan dan tes nantinya. Untuk fisik jagalah selalu kondisi kesehatan anda agar selalu prima baik dalam masa persiapan maupun saat tes nantinya,” sambung beliau sedikit berbagi tips.

“Untuk persiapan, yang saya maksud adalah banyak-banyaklah berlatih soal mengenai tes CPNS baik melalui buku-buku yang banyak dijual di toko-toko maupun melalui simulasi yang ada di aplikasi handphone atau internet. Kemudian perluas wawasan anda tentang bidang ilmu dari instansi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan anda, dengan banyak membaca berita dan mengupdate wawasan kebangsaan anda atau tentang kondisi Pemerintah saat ini melalui media cetak, televisi maupun media elektronik lainnya” jelas beliau.

Terakhir beliau berharap “Telitilah dalam mempersiapkan berkas sesuai yang disyaratkan seperti ijazah, Kartu Keluarga, KTP dan sebagainya karena satu saja berkas tidak dilengkapi maka anda dipastikan akan gagal dalam seleksi berkas. Saya berharap anda dapat memanfaatkan momentum ini nantinya dengan baik dengan memilih lowongan sesuai kompetensi pendidikan anda dan belajar lebih banyak tentang instansi yang akan anda pilih karena selain ada Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan ada pula Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dan kelak jika telah lulus menjadi PNS ingatlah bahwa anda orang-orang terpilih dan haruslah bekerja sesuai aturan dan kewajiban anda dengan benar”.

LEAVE A REPLY