Piru – Tampak suasana berbeda dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56, Tahun 2020 yang dilaksanakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) piru Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Dimana, perayaan HKN kali ini tidak diisi dengan kegiatan resmi seperti biasanya. Namun, perayaannya diisi dengan kegiatan pembagian bingkisan dan penyerahan hadiah pemenang lomba yang telah dilaksakan sejak bulan Agustus.
Direktur RSUD Piru, dr. Johan F. Selano yang ditemui selesai kegiatan mengatakan, sejak bulan Agustus 2020 telah dilaksanakan beberapa lomba dalam rangka memperingati HKN ke 56, antara lain lomba Bola Volli, lari karung, gigit sedok, lomba menghiasi taman dll.
“Dan hari ini bertepatan dengan HKN, kita bagikan hadiah kepada para pemenang lomba, ” ujar Selano di ruang kerjanya, Rabu (12/11/2020)
Menurutnya, selain pembagian hadiah pemenang lomba, pihak RSUD juga memberikan binggkisan kepada seluruh tenaga kesehatan dan karyawannya.
“Hal ini kami lakukan guna mensupport mereka dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tuturnya.
Selain itu, melihat situasi saat ini yang dialami tenaga medis, dimana mereka sering mendapat perlakuan yang tidak wajar dari masyarakat serta komplein dari keluarga pasien, sehingga mereka sering merasa tertekan dan merasa bersalah. Hal tersebut membuat dirinya (dr. Selano) berinisiatif untuk merayakan HKN Tahun 2020 dengan nuansa santai, agar bawahannya bisa terhibur dan melepaskan kepenatan pekerjaan.
“Apalagi kita ketahui dalam musim pandemi Covid-19 seperti ini. Bawahan saya banyak yang terisolasi di RSUD Piru, akibat melayani pasien Covid-19, disamping mereka sering mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan,” kata Selano.
Keluhannya Dokter Spesialis Kandungan ini bukan tanpa alasan. Dimana, sebulumnya (Senin, 10/11), tenaga medis RSUD piru yang mengantarkan jenazah salah satu warga Desa Niniari dengan protokol Covid-19 dihadang masyarakat Niniari.
Untuk itu, dirinya berharap dengan diadakannya peringatan HKN ke 56 dalam suasana santai tersebut, dapat menghilangkan brban pekerjaan dan menghilangkan kepenatan seluruh pegawai dan tenaga kesehatan RSUD Piru.

LEAVE A REPLY