PIRU. Menjelang Tahapan Masa Tenang Pilkada 2018, jajaran Panwaslu Kabupaten dan Panwascam Se-Kab. SBB menggelar patroli pengawasan pagi ini di kantor sekretariat masing-masing

Hal ini sesuai surat edaran Ketua Bawaslu RI No.0885/K.Bawaslu/PM.01.00/VI/2018 tanggal 7 juni 2018 tentang Kegiatan Patroli Pengawasan Pada Masa Tenang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota 2018,

Dikatakan dalam edaran tersebut, Bawaslu RI mengintruksikan Kepada Bawaslu Provinsi dan Jajarannya untuk melaksanakan PATROLI PENGAWASAN di masing-masing Daerah Pelaksanaan Pilkada Tahun 2018.

Patroli Pengawasan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Minggu (24/06) hingga Selasa (26/06) mendatang.

Patroli ini bertujuan untuk memberikan efek kejut bagi pihak yang ingin melakukan politik uang terutama di masa tenang. Diharapkan dengan patroli tersebut, upaya praktek politik uang menjelang pilkada dapat dicegah.

Selain itu, patroli tersebut juga diharapkan bisa mencegah aktivitas kampanye, dan politisasi SARA serta penggunaan alat peraga kampanye ( APK )

Patroli ini merupakan alarm pencegahan potensi pelanggaran yang dapat terjadi selama masa tenang. Patroli juga dilakukan untuk membunyikan kesiapan pengawas dalam melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran selama masa tenang dan menjelang hari pemungutan dan penghitungan suara.

Panwaslu Kabupaten SBB

Setelah menggelar apel patroli, Panwaslu Kab. SBB lakukan patroli dengan menyisir beberapa tempat di Kota Piru yang masih terpajang APK. Dipimpin oleh ketiga kordiv, Rahman Nurlete, O.F. Tehusijarana dan Hijra Tangkota serta kasek, Suherman, penertiban APK ini dilaksanakan oleh 17 orang personil panwaslu SBB

Panwascam Huamual

Sebanyak 30 personil yang terdiri dari Kordiv, staf, PPL, PTPS  Panwascam lakukan patroli pengawasan yang dibagi di tiga zona. Zona I, dipimpin langsung oleh Ketua Panwascam Huamual Akbar Sarmanery meliputi Desa Luhu dan petuanannya hingga 4 desa di semenanjung Tanjung Sial. Zona II, oleh Jamal Riry di Desa Lokky dan petuanannya serta Deda Ariate. Zona III, oleh Masri Adam, SH meliputi Desa Kulur dan Desa Iha.

Hal yang sama dilakukan oleh Panwascam Kairatu Barat dan Huamual Belakang, menggelar apel patroli pengawasan dan penertiban APK di wilayah masing-masing. 

LEAVE A REPLY