PIRU-Jelang Pilkada serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama Polres Seram Bagian Barat, TNI dan Satpol PP menggelar simulasi pengamanan di depan kantor KPU Daerah Kabupten Seram Bagian Barat pagi ini.

Simulasi pengamanan bertujuan untuk mengamankan Kantor KPU dari demonstran pada saat Pilkada serentak 2018 dilaksanakan.

Sebanyak kurang lebih 100 massa mengepung Kantor KPU. Mereka bertindak brutal dengan melakukan perusakan, personil dari Polri, TNI, dan Satpol PP bergerak mengamankan gedung dan membubarkan menghalangi massa masuk ke dalam gedung.

Massa yang mulai emosi  melempari aparat keamanan dengan air. Situasi digambarkan semakin panas antara para massa dengan petugas kepolisian yang melakukan penjagaan ketat di depan Kantor KPU. Karena massa demonstran memaksa masuk ke dalam gedung KPU, aparat kepolisian, TNI dan Satpol PP memblokir jalan masuk serta membubarkan massa dengan menembakan  gas air mata, water canon serta senjata berpeluru kosong dan menangkap provokatornya, akhirnya massa pun berhasil dibubarkan.

Simulasi pengamanan pilkada 2018 di kantor KPU selain untuk melakukan antisipasi keamanan, juga dilakukan metode pengamanan terhadap anggota KPU.

Simulasi ini mendapat pujian dari Bupati Seram Bagian Barat  karena dilaksanakan dengan begitu sukses dan luar biasa oleh personil yang ditugaskan.

Bupati Seram Bagian Barat Drs. M. Yasin Payapo, M.Pd, mengapresiasi setiap tahapan kegiatan yang dilakukan oleh personil keamanan.

“Saya sangat berterima kasih kepada Polri, TNI dan  Satpol PP yang ditugaskan dan Saya sangat mengapresiasi setiap tahapan yang dilakukan dan anggota langsung melakukan pengamanan siap dan cepat.” tandasnya.

Harapan beliau, Seandainya pada saat berlangsungnya pilkada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari pihak Kepolisian maupun TNI dan Satpol PP mereka bisa langsung mengantisipasi hal tersebut.

Wakapolres Kompol. Bachri Hehanusa mengatakan  simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi  hal-hal yang tidak diinginkan ketika berlangsungnya pilkada serentak 2018 di Kabupaten Seram Bagian Barat, selain itu ia juga berterima kasih kepada Bupati SBB karena menyaksikan langsung simulasi pengamanan yang dilakanakan oleh personil Polri, TNI dan Satpol PP di depan kantor KPU Kabupaten Seram Bagian Barat.

Reporter : Arga Saputra

LEAVE A REPLY