PIRU-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia perwakilan Provinsi Maluku Prof. DR. John Pieris, SH, MS menggelar pemeriksaan mata gratis di balai Desa Katapang, Dusun Katapang, Kecamatan Huamual, Seram Bagian Barat, Rabu(6/13).

Kegiatan tersebut merupakan pemeriksaan kemampuan mata membaca serta pembagian kacamata gratis bagi dewasa dan lansia kepada warga Dusun Katapang. Selain Anggota DPD RI Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dusun Katapang Arsyad Syukur M. Noer dan Sekretaris Dusun Drs. Bin Tahir Ahmad.

Acara bakti sosial yang dilaksanakan Anggota DPD RI itu melibatkan Dokter ahli mata yang berasal dari Jakarta, Ambon, serta Dokter perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat. Setelah selesai pemeriksaan mata, petugas kemudian menentukan langkah lanjutan berupa pemberian kacamata gratis. Nampak di lapangan tim medis Bakti Sosial dengan sigap memberikan pelayanan pemeriksaan mata. Acara tersebut dimulai dari pukul 15.30 WIT dan diperkirakan selesai sampai pukul 17.30 WIT sebelum masuk waktu berbuka.


Dalam Wawancaranya pada sela sela acara, Pieris menegaskan Kegiatan tersebut merupakan inisiatif sendiri dari baliau.

“Kegiatan ini merupakan inisiatif saya sendiri, kita jangan bergantung pada bantuan dari pemerintah mengingat alokasi dari untuk kesehatan hanya 5% dari APBN Dibandingkan dengan Pendidikan 20%. ” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan tingkat kesehatan di maluku berada dalam kategori 3, sehingga beliau sebagai Perwakilan Daerah serta anak asli Maluku merasa terpanggil untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan.

“saya sudah berkoordinasi dengan Bapak Yasin Payapo selaku Bupati Seram Bagian Barat dan Dinas Kesehatan setempak terkait dengan izinnya,” tambahnya.

Harapan beliau dengan pemeriksaan dan pembagian kacamata ini masyarakat bisa membaca Buku khususnya membaca kitab suci Baik Islam Maupun Kristen, serta dapat dengan mudah menjahit baju.

“Ini merupakan tempat kedua pembagian kacamata gratis, setelah tadi pagi di Desa Loki, setelah ini rencananya kami akan kembali menggelar pemeriksaan dan pembagian kacamata gratis di Desa Luhu tetapi setelah Lebaran Idul fitri,” tambahnya.

LEAVE A REPLY