Piru, Tribun-Maluku.com : Tuan rumah Kabupaten SBB akhirnya berhasil menjadi juara umum pada pelaksanaan Musabaqah Tiliwatil Qur’an (MTQ) XXVI Provinsi Maluku tahun 2015 yang diselenggarakan dari tanggal 17 Juni sampai 22 Juni 2015.

Berdasarkan keputusan dewan hakim MTQ nomor 04/DH/MTQ-XXVI/2015 MTQ XXVI Provinsi Maluku kabupaten SBB ditetapkan sebagai pemenang peringkat pertama sekaligus sebagai juara umum dengan total nilai 116, Peringkat kedua diraih oleh Kota Tual dengan total nilai 106, peringkat Tiga kabupaten Maluku Tengah total nilai 29, peringkat empat Kota Ambon total nilai 27, dan peringkat kelima di raih oleh kabupaten Seram Bagian Timur dengan total nilai 20.

Bupati SBB Jacobus. F . Puttileihalat, Minggu (24/5) di Piru mengatakan dengan ditetapkannya kabupaten SBB sebagai juara umum merupakan bagian dari kerja keras panitia dan seluruh masyarakat SBB termasuk kafilah-kafilah asal Bumi Saka Mese Nusa.

Menurut Puttileihalat, tidak ada intervensi dari pemerintah daerah terhadap penilaian dewan hakim tetapi ternyata SBB mendapat hasil yang terbaik.

Dijelaskan tiga bulan sebelum mengikuti lomba, kafilah sudah berangkat ke Jakarta maupun ke kota Ambon untuk dilatih dalam rangka meraih prestasi seperti kabupaten lain yang pernah meraih prestasi pada MTQ sebelumnya.

Lanjut Puttileihalat, Sebagai tuan rumah Kabupaten SBB sudah mempersiapkan peserta dengan berlatih di luar daerah dan mendatangkan imam yang mempunyai kompetensi untuk melatih dengan tekad meraih juara.

“Sebagai tuan rumah Saya sudah bertekad untuk meraih juara, saya menugaskan panitia dan kafilah-kafilah untuk berlatih dan mengundang para imam yang benar-benar mempunyai kompetensi untuk turut melatih sehingga memperoleh hasil yang maksimal dari kabupaten/kota yang lain”, ungkapnya.

Dia mengharapkan kedepan akan didorong lagi sehingga kafilah-kafilah dilatih supaya tidak hanya satu kali menjadi juara umum saja atau gelar juara umum jangan berpindah ke tempat lain.

LEAVE A REPLY