Hatusua – Suasana penuh keakraban sangat terasa pagi tadi, Selasa 5 Maret 2019 pada peresmian Kantor Raja Negeri Hatusua dan peletakkan Batu Pertama Gedung Serbaguna Negeri Hatusua di Hatusua. Hal ini terlihat dari acara penyambutan dimana dari tiga atraksi penyambutan yang disiapkan, salah satunya adalah atraksi cakalele dari basudara pela desa Tengah Tengah Kab Maluku Tengah. Selain itu, basudara pela yang telah hadir sejak kemarin juga turut berpartisipasi di sepanjang kegiatan peresmian tersebut.

Bupati yang didampingi Sekretaris Daerah, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Camat se Kairatu Raya, yang mewakili Kapolres, yang mewakili Dandodiklatpur dan undangan lainnya, terlihat sangat terharu atas penyambutan yang dilakukan.

Petrus S. Tuhuteru dalam laporannya selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa Pembangunan Kantor Raja yang didalamnya juga terdapat Rumah Pintar ini ditandai dengan peletakan batu pertama pada 5 Oktober 2016 silam dengan memakan anggaran yang berasal dari ADD masa anggaran 2016 dan 2017 dengan total biaya Rp 573.481.583,-

Bupati dalam sambutannya berterima kasih kepada basudara semua yang sudah beruoaya membangun daerah dan desa melalui pembangunan sarana dan prasarana pemerintahan di desa, serta infrastruktur fisik lainnya, melalui pemanfaatan dana desa dan alokasi dana desa sebagai pertanda bahwa di desa Hatusua dapat terbangun kerja sama yang baik.

Undang – undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dan permendagri nomor 85 tahun 2015 tentang susunan organisasi dan tata kerja pemerintah desa mengisyaratkan bahwa pemerintah desa dalam melaksanakan tugas – tugas pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan di desa agar selaku menjalin hubungan kemitraan dan kerja sama dengan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya yang ada di desa. Penyelenggaraan tugas tersebut juga ditentukan oleh ketersediaan sarana prasarana, personil dan pendanaan. Efektifitas kinerja aparatur pemerintah desa akan dapat dicapai secara optimal apabila tiga unsur tersebut terpenuhi di desa.

Setelah memberikan sambutan, Bupati melakukan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan melakukan peninjauan ke dalam Kantor Raja. Usai melakukan peninjauan Bupati melakukan peletakan Batu pertama pembangunan Gedung Serbaguna Negeri Hatusua.

Di akhir acara, para undangab dihibur dengan suara merdu penyanyi Maluku, Bung Roy Tuhumuri.

LEAVE A REPLY