Huamual

HuamualLETAK GEOGRAFIS
Letak  dan Batas WilayahWilayah Kecamatan Huamual, bagian utara berbatasan dengan Kecamatan Taniwel, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Leihitu dan Laut Banda, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Kairatu,  dan sebelah barat berbatasan dengan Selat Manipa.
Luas dan Jarak
Luas wilayah Kecamatan Huamual tercatat 879,92 Km2 . Desa yang memiliki luas wilayah terbesar adalah Desa Luhu sebesar 225,99 Km2  dan terkecil adalah Desa Kulur sebesar 4,40 Km2.
Iklim
Di Kabupaten Seram Bagian Barat adalah iklim laut tropis dan iklim musim, karena
letak wilayah Seram Bagian Barat di dekat daerah katulistiwa dan dikelilingi oleh laut luas. Oleh karena itu iklim di sini sangat dipengaruhi oleh lautan dan berlangsung bersamaan dengan iklim musim, yaitu musim Barat atau Utara dan musim Timur atau Tenggara. Pergantian musim selalu diselingi oleh musim Pancaroba. Musim Pancaroba merupakan transisi dari kedua musim tersebut.  Menurut laporan dari Badan Meteorologi dan Geofisika Kabupaten Seram Bagian Barat, pada tahun 2011 mengalami hari hujan sebanyak 227 hari, dengan rata-rata curah hujan 245,9 mm per bulan.
Letak dan Batas Wilayah Kecamatan Huamual
Sebelah utara, dengan : Kecamatan Huamual Belakang, dan Kecamatan Seram Barat
Sebelah selatan, dengan : Laut Banda, dan Kabupaten Maluku Tengah
Sebelah timur, dengan : Kecamatan  Seram Barat
Sebelah barat, dengan : Selat Manipa
Pemerintahan
Kecamatan Huamual mulai resmi berdiri pada tahun 2010.  Kecamatan Huamual merupakan pecahan dari Kecamatan Seram Barat. Pemerintahan Kecamatan Huamual  membawahi  5  desa yang terbagi dalam  33  dusun. Semua desa yang berada di Kecamatan Huamual bertipe swadaya.  Setiap desa di Kecamatan Huamual memiliki Badan Perwakilan Desa  (BPD), yang merupakan bentu perwakilan Rakyat di setiap desa. Jumlah total BPD di Kecamatan Huamual berjumlah 47 orang.  Data mengenai perolehan suara pemilihan umum tahun 2009 di Kecamatan Huamual
Luas Kecamatan huamual Dirinci per Desa.

Desa

Luas (Km2)

1.  Kulur

2.  Iha

3.  Luhu

4.  Lokki

5.  Ariate

4,40

64,69

225,99

67,20

14,45

Kecamatan Huamual

376,73