PIRU-Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat melepas 33 peserta Kompetisi Sains Madrasah (SKM) SBB ke seleksi tingkat provinsi Maluku, di pelataran halaman kantor Kemenag SBB, Jumat(20/07/2018).

Turut menghadiri acara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. SBB, Kepala Sekolah Madrasah MI, MTs dan MA, para guru pendamping  peserta KSM dan anak-anak  peserta Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi.

Ketua Kemenag Seram Bagian Barat La Fata, S.Ag , dalam sambutannya mengatakan  Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang membangun kemampuan bagi madrasah di Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuh budaya belajar, serta kreativitas dan motivasi untuk meraih prestasi, bertujuan untuk memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosi, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama serta menjaring bibit-bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompitisi tingkat nasional.

La Fata berharap 33 peserta  yang mengikuti ke tingkat provinsi dapat meraih  hasil yang maksimal dan membawa nama baik SBB sampai ke tingkat nasional. Beliau juga berharap kepada seluruh yang mengambil bagian dalam kegiatan dapat memberi dukungan, atensi dan doa kepada para peserta KSM.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. SBB Dra. Hj. H. Hehanussa,  sekaligus membuka acara berharap dengan Kompetisi ini anak-anak lebih giat untuk belajar dan menggali potensi dalam diri.

“anak-anak yang berangkat adalah anak-anak yang terpilih dan terbaik untuk berjuang serta bertanding mewakili Kabupaten Seram Bagian Barat, olehnya itu diharapkan agar anak-anak lebih giat lagi agar dapat mewakili provinsi Maluku ke tingkat Nasional,” Tambahnya.

Peserta terdiri dari siswa MI, MTs dan MA yang berjumlah 33 orang. KSM tingkat provinsi akan digelar Senin 23 Juli 2018 di MAN 2 Maluku Tengah, Desa Tulehu. Akan memperlombakan bidang study Matematika, IPA, IPS, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi dan Geografi.

Untuk tingkat MI sebanyak 6 orang peserta, dengan mata lomba yang diikuti adalah Sains IPA terintegrasi 3 orang peserta dan Matematika terintegrasi 3 orang peserta.

Untuk tingkat MTs sebanyak 9 orang peserta, dengan mata lomba yang diikuti adalah IPA terintegrasi 3 orang peserta, IPS terintegrasi 3 orang peserta, dan Matematika terintegrasi 3 orang peserta.

Sedangkan untuk tingkat MA sebanyak 18 orang peserta, dengan mata lomba yang diikuti adalah Matematika terintegrasi 3 orang peserta, Biologi terintegrasi 3 orang peserta, Fisika terintegrasi 3 orang peserta, Kimia terintegrasi 3 orang peserta, Ekonomi terintegrasi 3 orang peserta dan Geografi terintegrasi 3 orang peserta.

LEAVE A REPLY