PIRU-Kementerian Koperasi dan UKM menyalurkan dana bantuan pemerintah untuk pengembangan wirausaha pemula kepada 22 orang Wirausaha Pemula (WP) di Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

“Dana bantuan Pemerintah dipergunakan untuk mendukung pengembangan usaha para WP, agar dapat menjadi wirausaha yang mandiri dan tangguh,” ujar  Luhur Pradjarto, Asisten Deputi Permodalan, Deputi Bidang Pembiayaan, Kemenkop dan UKM, usai penyerahan dana bantuan pemerintah untuk pengembanan WP tersebut, di Piru, Kamis 24 Mei.

Luhur menjelaskan, Kabupaten SBB termasuk Kabupaten yang masyarakatnya miskin, diharapkan dana bantuan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga pada akhirnya dapat menyumbang menurunkan angka kemiskinan. Oleh karena itu, pengawalan terhadap pemanfaatan bantuan oleh Dinaskop dan UKM Kabupaten SBB sangat diperlukan.

Penyaluran bantuan pengembangan WP di Kabupaten SBB tahun 2018 meningkat menjadi 22 orang atau mengalami peningkatan 10 orang dibanding 2017. Selain itu, sebanyak 22 orang penerima WP adalah wanita yang mengelola usaha pengolahan makanan dan pengolahan ikan. Jadi ini termasuk mendukung program gender, kata Luhur.

Pada wawancara terpisah dengan Ir. Steve Alan Paliama, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, atas nama Pemerintah Kabupaten SBB mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kementerian Koperasi dan UKM yang telah memperhatikan UMKM di Kabupaten SBB melalui pengucuran dana bantuan dalam pengembangan WP.

“Dinaskop & UKM Kabupaten SBB akan terus melakukan Pendidikan dan latihan kepada UMKM melalui dana APBD sebagaimana yang telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, untuk memantau pemanfaatan bantuan, juga akan diturunkan tenaga pendamping yang juga didanai dari APBD,” pungkas Alan.

Lebih lanjut beliau menyampaikan pihaknya akan terus berusaha agar kesejahteraan UKM yang berada di daerah meningkat dan angka kemiskinan di SBB bisa berkurang.

Beliau juga mengharapkan agar “setiap UKM jangan hanya bergantung pada bantuan-bantuan dari Pemerintah, tetapi harus mandiri, UKM dituntut harus mempunyai terobosan-terobosan tertentu agar usahanya berkembang pesat,”tandasnya.

LEAVE A REPLY