Diselenggarakannya Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) ke-3 tahun 2018 di Lombok, Provinsi NTB tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, salah satunya Kementerian Kominfo Republik Indonesia yang mendukung penuh kelancaran komunikasi dalam acara berskala Internasional ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kominfo RI, Rudiantara saat konfrensi pers yang digelar pada Sabtu (6/5), bertempat di Hotel Golden Palace Mataram.

“Kementerian Kominfo telah menyediakan internet gratis yang bisa diakses hingga radius 60 km menggunakan jaringan net-1 dengan speed 100 MB per second” jelas Rudiantara.

Selain itu Kementerian Kominfo juga menyediakan antena untuk 42 armada angkatan laut yang di pasang pada tiap-tiap kapal yang hadir, serta memastikan pada setiap tempat digelarnya acara MNEK 2018 ini koneksi internet berjalan dengan lancar.

“Kami ingin agar seluruh peserta MNEK 2018 yang datang dari berbagai negara dapat merasakan lancarnya koneksi internet layaknya di negara negara maju,” lanjut Menkominfo.

Lebih jauh Rudiantara menjelaskan, didukung penuhnya acara ini oleh Kemkominfo tak lepas dari kebijakan keberpihakan Pemerintah Republik Indonesia yang memfokuskan pembangunan infrastruktur tidak hanya di Pulau Jawa melainkan merata di seluruh Indonesia.

Khusus koneksi internet, pemerintah ingin memastikan seluruh kota di Indonesi telah terhubung dengan backbone atau jaringan tulang punggung internet berkecepatan tinggi. Sejauh ini wilayah barat Indonesia sudah beroperasi sepenuhnya, bagian tengah telah mencapai 77%, dan Indonesia bagian timur 44%.

“Akhir 2018 kami harapkan sudah selesai dan 2019 sudah bisa beroperasi,” imbuhnya.

Di akhir konfrensi pers, Menkominfo berharap MNEK 2018 di Lombok dapat berjalan dengan lancar dengan menyerukan dukungan penuhnya terhadap pertahanan angkatan laut Indonesia. (Sumber : Tim Media Dinas Kominfotik NTB)

LEAVE A REPLY