Wakollo- Ketua TP-PKK Kabupaten Seram Bagian Barat Ny. Hji. S. Karin Payapo bersama pengurus melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Taniwel dalam rangka monitoring terkait wujud nyata peningkatan kearifan lokal dan terlaksana 10 program PKK yang di gelar di Kecamatan Taniwel lewat beberapa mata lomba kearifan lokal.
Ketua penggerak PKK Kab.SBB Ny.Hji Karin Payapo kepada awak media mengatakan kegiatan yang di laksanakan saat ini adalah monitoring dan evaluasi pelaksanaan 10 program pokok PKK Kabupaten Seram Bagian Barat khususnya di Kecamatan Taniwel, yang mana dalam kegiatan tersebut ada 10 program PKK yang dilomba di antaranya yakni” lomba B2 makanpoko, lomba PHBS, lomba UPBKS dan juga beberapa lomba lainnya.
“Kegiatan ini juga pada pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol Kesehatan, sebab ini sudah merupakan program kerja walaupun ada dalam kondisi pandemi Covid – 19, namun tidak mengurung semangat PKK untuk terus melaksanakan dan menyukseskan 10 program PKK. Pelaksanaan kegiatan di maksud dalam program pelaksanaannya satu tahun dua kali pelaksanaannya, dan di laksanakan di semua Kecamatan, dan lebih mengutamakan Desa – Desa pesisir. Pasalnya dikecamatan Taniwel ini sudah merupakan kecamatan ke 6 terlaksananya 10 program PKK dan akan di lanjutkan pada Kecamatan Taniwel Timur nanti tepatnya Desa Matapang, Kecamatan Manipa, Waesala, Huamual dan Seram Barat.” jelasnya.
Lanjutnya, anggaran yang digunakan dalam kegiatan lomba kearifan lokal ini dari batang tubuh APBD Kabupaten SBB yang melekat pada Pemdes. Sehingga diharapkan senua Desa harus di bentuk Dhasa Wisma, agar keluarga – keluarga yang ada dalam Desa harus terbagi habis dalam Dhasa Wisma sehingga dapat berperan sebagai ibu rumah tangga yang menerima berbagai informasi dalam pemanfaatan lahan pekarangan rumah.
Pemanfaatan pekarangan rumah yang dimaksud ialah dapat bercocok tanam seperti menanam sayuran dan buah – buahan karena dalam kondisi pandemi Covid – 19 ini memaksa kita harus tinggal di rumah dan dapat mengkonsumsi makanan sehat sayur dua porsi sehari dan buah tiga porsi dalam sehari.
“Lewet kegiatan 10 program PKK ini pengurus PKK juga dapat memberi sosialisasi tentang pentingnya PHBS dan bagaimana pencegahan Virus Covid – 19.” Harapnya.
Sementara itu, Penjabat Kepala Desa Wakolo Jhon Kabaresy merasa bangga sekali yang mana dari tiga Desa yang ikut dalam kegiatan tersebut, Desa Wakolo ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan program PKK menyongsong HUT RI yang ke 75 Tahun.

LEAVE A REPLY