PIRU. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Seram Bagian Barat bentuk Tim Evaluator Internal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2018. Pembentukan Tim Evaluator Internal SPBE ini merupakan salah satu wujud implementasi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

SPBE saat ini sudah menjadi keharusan. Pemerintah telah menetapkan standar khusus yang tertuang dalam PermenPANRB tersebut untuk melakukan evaluasi. Oleh karena itu perlu dibentuk Tim Evaluator Internal SPBE di daerah.

Tim Evaluator Internal harus melakukan evaluasi mandiri terhadap penyelenggaraan SPBE di Instansi Pemerintah Daerah, bertujuan untuk menghasilkan suatu nilai indeks SPBE yang menggambarkan Tingkat Kematangan Pelaksanaan SPBE di Kabupaten Seram Bagian Barat. Penilaian ini dilakukan secara efektif dan objektif sesuai dengan pedoman evaluasi yang dapat dipahami oleh semua stakeholder.

Tujuan Evaluasi SPBE ini untuk mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah Daerah, memberikan saran perbaikan untuk peningkatan kualitas pelaksanaan SPBE, menjamin kualitas pelaksanaan evaluasi SPBE pada instansi Pemerintah Daerah.

Tim Evaluator Internal akan melakukan evaluasi mandiri terhadap penggunaan aplikasi yang diterapkan atau dipakai oleh OPD di Kabupaten Seram Bagian Barat. Terdapat 35 indikator penilaian harus dipenuhi. Penilaian tersebut juga harus disertai dengan bukti-bukti dokumen yang harus diunggah dalam file pdf dan dikirimkan via link yang sudah diperuntukan bagi Tim Evaluator Internal Kabupaten Seram Bagian Barat.

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( KemenPANRB ) telah menetapkan jadwal evaluasi mandiri yang wajib dikuti oleh Kementrian, Lembaga dan Instansi Pemerintah Daerah. Tahap awal telah dilakukan Sosialisasi Pedoman Evaluasi SPBE akhir Maret lalu di Jakarta. Saat ini telah memasuki batas waktu pelaksanaan evaluasi mandiri SPBE di Kabupaten Seram Bagian Barat. Disusul dengan evaluasi dokumen, termasuk bukti-bukti. Berikutnya adalah wawancara dan diakhiri dengan Tahap Observasi Lapangan

Dinas KOMINFO saat ini telah mendata penggunaan jumlah aplikasi yang diterapkan oleh OPD. Namun ada beberapa OPD yang tidak memberikan data penggunaan aplikasi sesuai format yang diberikan, ada juga OPD yang tidak memberika data sama sekali. 

Tim Evaluator Internal SPBE Kabupaten Seram Bagian Barat, diharapkan dapat mampu mengevaluasi OPD Se-Kabupaten Seram Bagian Barat ini sesuai dengan amanat undang-undang dan dilaporkan kepada MenPANRB tepat sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

LEAVE A REPLY