PIRU-Untuk mengetahui alur kerja penataan Daerah Pemilihan dan Mekanisme Penghitungan Kursi Daerah Pemilihan Anggota Legislatif mendatang, maka Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat (KPUD) Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar sosialisasi penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan alokasi kursi Anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat yang berlangsung di Kantor KPUD Seram Bagian Barat.

Dalam kegiatan tersebut KPUD turut mengundang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Bagian Pemerintahan Kabupaten Seram Bagian Barat untuk mengsingkronisasikan data kependudukan sebagai prasayarat penentuan jumlah jiwa yang terdata pada seluruh wilayah Kecamatan se-Kabupaten Seram Bagian Barat. Kegiatan yang melibatkan 14 utusan pimpinan partai politik tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat.

Dalam materi yang disampaikan oleh Komisioner KPUD Kabupaten Seram Bagian Barat Devisi Teknis Jafar Patti mengatakan berdasarkan data DAK2 dari Protal Kementerian Dalam Negeri tentang total jumlah jiwa untuk Kabupaten Seram Bagian Barat adalah 208.009 jiwa yang tersebar di 11 Kecamatan sehingga jika dikalkulasikan maka perolehan jumlah Kursi DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat tetap 30 kursi.

Katanya pula, dalam simulasi jumlah penduduk Kabupaten Seram Bagian Barat yang kemudian di hitung berdasarkan Daerah Pemilihan maka posisi kursi DPRD Seram Bagian Barat menurut Daerah Pemilihan dapat dikatakan sebagai berikut;

Untuk DAPIL I yaitu Kecamatan kairatu dan Kairatu Barat dengan jumlah penduduk 38.915 Jiwa, maka perolehan kursi sebanyak 6 kursi di DPRD Seram Bagian Barat. Untuk DAPIL II Kecamatan Taniwel, Seram Barat dan Taniwel Timur dengan jumlah penduduk 57.728 Jiwa, maka perolehan kursi sebanyak 8 Kursi DPRD.

Untuk DAPIL III, kecamatan Waisala dan Manipa jumlah penduduk sebanyak 40.758 Jiwa, dengan perolehan kursi sebanyak 6 kursi DPRD, DAPIL IV, Kecamatan Huamual dengan jumlah Penduduk 47.369 Jiwa, maka mendapatkan perolehan kursi sebanyak 7 kursi DPRD. Dan DAPIL V mencangkup Kecamatan Inamosol, Amalatu, dan Elpaputih dengan jumlah penduduk sebanyak 23.212 dengan perolehan kursi 3 kursi di DPRD Seram Bagian Barat.

Sosialisasi tentang Alur Kerja Penataan DAPIL dan Mekanisme Penghitungan Kursi Daerah Pemilihan tersebut berajalan dengan lancer serta mendapatkan apresiasi positif dari seluruh pimpinan partai politik yang hadir. Selain itu, KPUD Seram Bagian Barat dalam sosialisasinya mengingatkan kepada pimpinan partai politik untuk tetap membangun koordinasi guna mengantisipasi pergeseran data kependudukan yang bisa saja berubah.

Selain itu, para pimpinan Partai politik yang hadir mengharapkan agar Komisi Pemilihan Umum Daerah, Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Seram Bagian barat agar tetap Bekerja secara professional agar proses pentahapan pendataan kependudukan dapat dilakukan dengan baik tanpa ada manipulasi.

LEAVE A REPLY