Piru – Momentum pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan penjabat Kepala Desa persiapan merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam upaya percepatan peningkatan status desa persiapan menjadi desa definitif, karena setelah penetapan dan pelantikan maka akan dilanjutkan dengan upaya pengisian struktur perangkat pemerintahan desa persiapan antara lain sekretaris desa, yang akan membantu kepala desa persiapan dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di desa dan membuat langkah strategis untuk membantu pemerintah desa dan daerah guna percepatan peningkatan status desa persiapan menjadi desa definitif.

Dalam mewujudkan langkah strategis tersebut, maka pemerintah desa persiapan dan pemerintah desa definitif harus segera berproses untuk memfasilitasi penyelesaian tapal batas desa persiapan sebagai pemenuhan persyaratan kewilayahan, selain persyaratan administrasi dan fisik yang telah dipenuhi.

Pada kesempatan ini juga Bupati  menyampaikan bagaimana peran pemerintah daerah saat ini yaitu peningkatan infra struktur jalan terutama desa dan negeri yang masih terisolir dan tertinggal. Lebih khususnya pada wilayah pesisir lingkar kecamatan Huamual dan Huamual Belakang dari desa Waesala sampai Semenanjung Huamual, yang direncanakan kedepan akan dihubungkan dengan desa Luhu.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Seram Bagian Barat, Drs M. Yasin Payapo, M.Pd saat melantik penjabat Desa persiapan Tawabi Jaya Desa Tonu Jaya Kecamatan Huamual Belakang, Jumat, 25 Juni 2021.

“Pemerintah daerah juga tengah berupaya keras melaksanakan pembangunan jalan lintas pulau-pulau terpencil (Manipa, Kelang dan Buano) juga wilayah pegunungan antara lain Buria, Riring, Rumah Soal, Lohiasapalewa, yang akan menghubungkan wilayah Seram Selatan pelabuhan Waipirit. Termasuk pembangunan jalan ke Huku kecil, Abio yang sudah mulai penggusuran dari Desa Tala dan Sumeit Pasinaro termasuk Hukuanakota yang sudah selesai digusur, walaupun semua belum tuntas sampai pada pengaspalan.” jelas Payapo.

Payapo mengharapkan apa yang telah dilakukan selama ini, kiranya dapat membawa Kabupaten ini keluar dari lingkaran kemiskinan dan ketertinggalan.

LEAVE A REPLY