Demi menyiapkan ketersediaan pangan lokal kepada masyarakat selama musim pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Seram Bagian Barat (SBB) berupaya memaksimalkan peran masyarakatnya melalui program padat karya mandiri lewat 2 sektor unggulan, yakni sektor Pertanian dan Perikanan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan SBB dihadapan Bupati M. Yasin Payapo, Camat dan Kepala Desa sekabupaten SBB pada Senin 20/04/2020 dilantai 3 kantor Bupati SBB-Piru.

Dari sektor pertanian , pemkab SBB mengarahkan masyarakatnya untuk dapat mengaktifkan kembali lahan bekas kebunnya, agar dapat menghasilkan bahan pangan lokal.

” Demi memenuhi ketahanan pangan lokal selama musim pandemi Covid-19 ini, kami mengharapkan kepada masyarakat agar kiranya dapat menanam kembali kebun-kebun mereka yang sudah tidak aktif dengan tanaman pangan lokal, seperti ubi kayu, ubi jalar, jagung dan sayur-sayuran “, ujar Kadis Pertanian berharap.

Sementara itu, pada sektor perikanan, pemberdayaannya berupa budidaya ikan air tawar dan air asin .” kami dari dinas perikanan akan menyiapkan bibit ikan air tawar berupa ikan mas dan Nila, serta ikan Kerapu untuk budidaya ikan pada air asin ” kata Kadis Perikanan SBB Alan Palijama.

Selain program budidaya ikan air tawar dan air asin, dinas perikanan juga menyiapkan bantuan coll boks dan wadah pengasapan/wadah panggang kepada para pelaku usaha perikanan.

LEAVE A REPLY