Piru – Ketua Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu)  Kabupaten Seram Bagian Barat, Rahman Nurlette.S.Pd meminta peran dan dukungan stakeholder dalam sukseskan Pilgub Maluku Tahun 2018. Hal tersebut disampaikannya ketika membawa materi pada Rapat koordinasi dengan stakeholder pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2018 di Aula Pertemuan Penginapan Mentari Piru.

“Pemilu secara umum tidak terlepas dari potensi kerawanan dan pelanggaran, sementara lembaga pengawas dibentuk dengan segala keterbatasannya dan juga petugas yang sedikit maka stakeholder diminta untuk bersama-sama menjadikan pemilu sebagai milik masyarakat secara umum termasuk serta memberikan kontribusi terbaik bagi pemilu yang berintegritas.

“Kerjasama memerlukan adanya sinergi antara pihak yang kemudian akan memiliki kemampuan melipat-gandakan hasil kerja sinergi supaya aktifitas yang besar bagi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang berdemokrasi dan bersih, jujur dan adil. Kedepan diharapkan pertemuan dengan stakeholder makin intensif, semoga bisa bekerjasama dengan baik sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancer, aman sesuai yang diharapkan dan terpilih pemimpin yang berkualitas” Jelas Nurlette.

Katanya pula, kita akan bersama-sama menghadapi sebuah proses demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur, untuk itu, kepada para stakeholder dan para undangan yang hadir ketika selesai dalam rakor ini dapat mengetahui tugas dan tanggungjawab sesuai dengan paparan yang akan disampaikan oleh pemateri dari panwaslu Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Pastinya akan banyak pelanggaran yang akan terjadi pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur mendatang, dan peran stakeholder, masyarakat, dan lembaga-lembaga terkait untuk dapat memberikan laporan pelanggaran kepada kami untuk segera diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sekarang ada tiga kasus pelanggaran yang sudah diproses oleh panwaslu Kabupaten SBB, karena kami ingin Pemilihan kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku harus berkualitas tanpa ada money politik dan pelanggaran lainnya.” Tegas Nurlette.

LEAVE A REPLY