Piru – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang diatur dengan ketentuan : a) Pasal 164 ayat (2) ditegaskan bahwa Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD Kabupaten/Kota. Untuk itu, DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat  setelah dilantik secara resmi pada tanggal 25 September 2019 yang lalu dan berproses sesuai jadwal maupun ketentuan yang ada, maka pada Senin 14 Oktober 2019, melalui Paripurna akhirnya diumumkan dan ditetapkan Pimpinan DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat. Hal ini juga di dukung oleh Surat Pemerintah Provinsi Maluku Nomor 171/3487, perihal pengusulan pimpinan DPRD Kabupaten/Kota definitif, yang ditanda tangani  oleh Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Kasrul Selang, ST, MT.

Rapat Paripurna yang dihadiri oleh 19 orang anggota dari 30 orang, berarti telah mencukupi quorumsehingga paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua sementara dapat berlangsung. Sesuai dengan peraturan undang – undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang mana oleh masing – masing partai pemenang pemilu telah menyampaikan nama – nama calon pimpinan DPRD yang definitif kepada pimpinan sementara DPRD guna disampaikan dalam rapat paripurna.

Pengumuman pimpinan definitif ini berdasarkan Surat Keputusan dari DPP Partai Hati Nurani Rakyat Nomor : SKEP/35/DPP-HANURA/X/2019 tentang Pengangkatan Ketua DPRD Kabupaten SBB dari fraksi  Hanura pada tanggal 9 Oktober 2019, Surat Keputusan dari DPP Partai Nasdem nomor : 004 – SK/DPP – NASDEM/VIII/2019 tentang penetapan Ketua dan Wakil ketua serta fraksi DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota dari Partai Nasdem, dan Surat Keputusan DPC Partai PDI-Perjuangan Kabupaten Seram Bagian Barat Nomor : 002/EKS/DPC-16.06/IX/2019 perihal pengusulan calon wakil ketua DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat periode 2019 – 2024 tanggal 22 September 2019.

Dari ketiga surat partai politik ini akhirnya DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat menuangkan keputusannya dalam Surat Keputusan Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat nomor 170/03/KPTS/PIM-DPRD/SBB/2019 tentang Penetapan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat periode 2019 – 2024, dengan menetapkan Abdul Rasyid Lisaholit, S.Pi sebagai Ketua DPRD, Arifin Pondlan Grisya, SH sebagai Wakil Ketua DPRD dan La Nyong sebagai Wakil Ketua DPRD.

Keputusan ini nantinya akan diusulkan kepada Gubernur Maluku melalui Bupati Seram Bagian Barat untuk diresmikan pengangkatannya.

LEAVE A REPLY