PASIEN TERBANYAK PUSKESMAS KAIRATU ADALAH PASIEN KORBAN LAKALANTAS

0
38

KAIRATU- Pusat Kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) Kairatu merupakan salah satu Puskesmas yang berada di Kecamatan Kairatu dengan pelayanan kesehatan dari Desa Kamal sampai di Desa Elpaputih.  Puskesmas Kairatu memiliki  satu poliklinik dan beberapa ruang rawat inap dengan memiliki kurang lebih 10 tempat tidur . Hal ini dikatakan oleh Kepala Puskesmas Gerson Gofu.

Katanya pula, Puskesmas Kairatu melayani pasien dengan berbagai  macam penyakit yang terkait dengan masyarakat tetapi jika pasiennya yang datang dengan keadaan darurat seperti lakalantas tak bisa di tangani oleh puskesmas, maka pihak puskesmas akan meminta rujukan ke RSU Piru atau ke RSU Ambon agar pasiennya bisa selamat. Pasalnya  Puskesmas hanya memiliki 2 orang dokter umum. Kebanyakan pasien yang masuk ke Puskesmas Kairatu adalah pasien korban Laka lantas.

Selain itu, sarana prasarana di Puskesmas Kairatu masih belum memadai salah satunya adalah  tempat tidur pasien. “Puskesmas Kairatu saat ini hanya memiliki kurang lebih 10 tempat tidur saja, sedangkan pasien yang masuk di Puskesmas Kairatu sudah melebihi dari kapasitas yang ada, sementara itu obat-obatan juga masih minim.” Papar Gofu.

Hal ini disebabkan Puskesmas Kairatu masih bersifat pengobatan dasar, sedangkan perawatan di Puskesmas ini sangat memerlukan banyak obat. Bahkan ada juga  masyarakat yang komplein karena puskesmas kairatu tidak banyak memiliki obat-obatan.

Padahal memang obat di Puskesmas ini sangatlah terbatas karena bukan Rumah Sakit Umum, untuk itu, dirinya berharap agar dinas Kesehatan Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat agar dapat memberikan perhatian karena walaupun statusnya Puskesmas tetapi kerja dan kapasitas pelayanannya sudah sama seperti status Rumah Sakit Umum.

LEAVE A REPLY