PAUD KIMORA NEGERI LATURAKE BERHASIL MEWISUDAKAN 10 MURID ANGKATAN PERTAMA

0
24

TANIWEL- Pendidikan Anak Usia Dini yang disingkat PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Tujuan dari diselenggarakannya pendidikan anak usia dini adalah untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa. dan untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

Terkait dengan pedoman dasar dan tujuan Paud. Maka, belum lama ini Paud Kimora Negeri Laturake Mewisudakan 10 orang anak didik angkatan pertama tahun ajaran 2016-2017 di Balai Pertemuan Negeri Laturake.

Menurut Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Taniwel Daud Lumamuly.S.Pd dalam sambutannya mengatakan, Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 5 perkembangan, yaitu : perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar),kecerdasan/kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendiknas no 58 tahun 2009.

“Saya sangat mengapresiakan kepada Raja negeri Laturake dan Masyarakat karena telah memberikan dukungan moril mauun materi untuk membuka ruang belajar Paud/TK/SD/SMP di negeri Laturake. Karena pendidikan itu sangat penting di usia dini. Untuk itu, saya meminta agar semua dukungan penuh dari orang tua agardapat memebrikan dukungan kepada anak-anak yang ingin mengenal pendidikan di negeri Laturake. ” ungkap Lumamuly.

Sementara itu, Kepala pengelola Paud Kimora Desa Laturake mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa (Pemdes) yang telah memberikan bantuan anggaran sebesar Rp. 18.000.000 yang bersumber dari Anggaran dana Desa (ADD)Tahun 2015 dan 2016. Bantuan tersebut turut menunjang kegiatan operasional Paud Kimora dan juga kepada Honorer tenaga pendidik yang berjumlah 3 orang yang digaji Rp. 300.000 per bulan. Dirinya juga meminta agar Pemerintah Kabupaten SBB untuk dapat membantu Paud Kimora dalam memfasilitasi fasilitas pendukung bermain anak dan ruangan belajar siswa Paud Kimora.

Pengukuhan 10 wisudawan-wisudawati Paud Kimora Laturake dilakukan oleh Kepala UPTD Kecamatan Taniwel, Daud Lumamuly.S.Pd dan pengelola Paud Kimora, Ny. Diana.S.Silaya.S.Si. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Raja Negeri Laturake, ketua BPD Negeri Laturake, Orang Tua dan para undangan lainnya.

LEAVE A REPLY