Namlea – maluku
Masjid Samsiduhan saat pemasangan Kuba masjid di hadiri oleh 2 kabupaten yakni Bupati Seram Bagian Barat M.Yasin Payapo.M Pd serta dan Ramly Ibrahim Spi.MM yakni Bupati buruh.

Pemasangan Kuba Masjid samsiduha Desa Hatawano di hadiri  oleh selain dua Bupati namun juga wakil Bupati Buru Amus Tapabesan,SH, Sekda SBB Mansur Tuharea, serta Kepala Dinas PU SBB Thomas Watimena, Kapolsek Waplauw Iptu Moch.Noer. S, dan juga beberapa OPD Dinas Badan Kabupaten Buru serta OPD Dinas Badan Kabupaten Buru Selatan,  Camat Kecamatan waplauw  Halit Tasalisa.SH.

Pemasangan kuba Masjid di mulai dari iring – iringan kepala Kuba yang di bawah oleh Kepala Soa dan Tukang masjid dari masing – masing Soa yakni ada empat Soa yaitu ” Soa Luhu dengan Kepala Soanya Bapak Ibrahim Palisoa, bersama tukang masjidnya Ali Fanolo , Soa Warhangan dengan kepala soa Jafar Warhangan dengan kepala tukangnya Abdul J. Warhangan, Soa Ureng kepala Soanya Sadola Laitupa, dan tukangnya Hardianto Tasijawa, dan Tokoh dan Soa Waikibo dengan kepala Soanya Majed Tasalisa dan kepala tukang Hamid Pasalis, sementara yang bertindak selaku imam pada masjid tersebut Ismail Tasalisa.

Setelah pemasangannya kepala kuba masjid di sertai dengan sambutan yang di awali oleh Bupati Kab.SBB, yang mana menyampaikan bahwa di dalam setiap langkah Manusia karena dia adalah Manusia yang mempunyai keterbatasan maka pasti manusia itu dia akan melakukan sala dan kilaf dalam malakukan sesuatu.

Ia menambahkan dengan adanya kegiatan di maksud pemasangan kuba masjid ini maka kita selain bersua kita juga bersilahturahmi dengan basudara kita yang ada di Hatawano.

Dengan adanya pemasangan kepala Kuba ini melambangkan adanya sebuah kerja sama baik pihak Masjid dengan umat dan juga antara Pemerintah dengan Masyarakat dalam hal ini kaum  Muslim dan muslimatnya, guna mempercepat proses pembangunan masjid berjalan lancar.

Di tambahkan sebagai juga Putra Luhu yang punya Soa di Hatawano juga sempat menjanjikan sejumlah bantuan yang tidak sempat menyebutkan besaran jumlahnya namun akan memberikan bantuan kepada Masjid Samsiduha Desa Hatawano.

Menyambung sambutan Bupati SBB, Bupati Buru Ramli Ibrahim Umasugi.SPi.MM,  juga menyampaikan sambutannya bahwa sangat memberikan spresiasi pada Masyarakat dan Panitia pembangunan Masjid yang mana dengan penuh semangat tekun dan tetap setia tampa mengeluh berusaha dan berjuang dari awal pekerjaan sampai saat ini mencapai pemasangan kepala kuba masjid.

Walaupun dalam perjuangan Panitia banyak hal yang di temui sebagai kendala dan sering membosankan namun demi sebuah kebutuhan umat dalam ketekunan imannya kepada Allah SWT maka tidak kendor semangat itu dalam juang untuk keberhasilan.

Beranjak dari semangat panitia itu maka tidak sia – sia perjuangan panitia sampai sudah mencapai hasilnya yang baik, dan mengakiri sambutannya ia menitipkan satu kunci keberhasilan baik pada Jamaah maupun Masyarakat ialah ” jika memakmurkan Masjid maka Desa akan Makmur dan sejahtra “

Karena Syariat Islam tidak bertentangan dengan budaya Daerah, karena tidak bersebrangan, sehingga Umasugi mengusulkan satu program yang merasa penting untuk di jalankan ialah Subuh Berjamaah. Dikutip dari (koranpemberitaankorupsimaluku)

LEAVE A REPLY