DCIM100MEDIADJI_0075.JPG

NAMLEA-Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Maluku ke-XXVIII tahun 2019 resmi dibuka oleh Gubernur Maluku Bapak Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail dan berlangsung meriah di Alun-alun Bupolo, Kota Namlea pada Jumat malam (14/06/2019).

Rangkaian acara dibuka dengan tari-tarian yang dibawakan oleh 300 pelajar SMA se-kota Namlea, di lanjutkan dengan parade atau defile  kontingen dari sebelas (11) kafilah peserta kabupaten kota se-Maluku. Kafilah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) mendapat giliran berparade pada urutan ke-9 setelah sebelumnya defile dibuka oleh Kafilah Kabupaten Buru selatan dan ditutup Parade Kafilah Tuan Rumah Kabupaten Buru.

Defile Kafilah Kabupaten Seram Bagian Barat.

Usai menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, acara kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Kalam  Ilahi dan pengibaran bendera MTQ oleh pasukan pengibar bendera yang berasal dari putra putri terbaik yang ada di Kabupaten Buru sambil diiringi lagu Hymne MTQ.

Tamu undangan dan masyarakat bersama menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Setelah Doa syukur oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Abdullah Latuapo, selaku Ketua Panitia Pelaksana, DR. Drs. Junaidi Rupilu, M.Sc kemudian berkesempatan menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban Panitia.  Dalam petikan laporannya sempat disampaikan bahwa “Kafilah Kabupaten Seram Bagian Barat mendapat apresiasi penuh dari pihak Panitia penyelenggaraan karena menjadi Kafilah ‘Terlengkap’, dimana mulai dari Bupati, Sekretaris Daerah, Pimpinan OPD, Ketua LPTQ SBB, Pimpianan Kemenangan Agama (Kemenag) Kab. SBB, Official dan Pelatih selaku pendamping dan 43 Qori Qoriah, turut hadir dalam pelaksanaan MTQ kali ini.”

Acara dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Bupati Buru Ramly I. Umasugi, S.Pi, MM. dan penyampaian sambutan berturut-turut dari ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Maluku, Ismail Usemahu, lalu sambutan dari Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Maluku Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd dan terakhir sambutan dari Gubernur Maluku Bapak Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail sekaligus membuka secara resmi MTQ Provinsi Maluku ke-28 ini yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Pemukulan bedug oleh Gubernur Maluku membuka secara resmi MTQ Maluku KE-XXVIII tahun 2019.

Rangkain acara pembukaan diakhiri dengan pentas tari kolosal dan pesta kembang api serta ditutup dengan konser musik dari artis dari Jakarta yakni Band D’Masiv.

MTQ Provinsi Maluku ke-28 sendiri di jadwalkan akan berlangsung dari tanggal 14 Juni 2019 hingga penutupan nanti pada 21 Juni 2019 dan diikuti oleh total 885 peserta.

Hadir dalam acara pembukaan ini antara lain Gubernur Maluku  Murad Ismail bersama Istri , Wakil Gubernur Maluku Barnabas orno bersama Istri, Bupati Buru Ramly Umasugi bersama Istri, wakil Bupati, Panglima Pangdam Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H.,  Wakil Ketua DPRD Maluku Richard Rahakbau, Sekda Maluku, Kemenag Maluku, Rektor Unpati, Ketua LPTQ Maluku, MUI Maluku, Ketua Sinode GPM Maluku, ketua DPRD Kabupaten Buru, Bupati se-Maluku, Wakil Bupati se-Maluku, dan Sekda se-Maluku.

LEAVE A REPLY