Kepala BKPSDM saat diwawancarai media ini.

Piru-Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat telah mengusulkan penambahan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB).

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB) telah menerbitkan surat tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2019 bagi Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Dalam surat tersebut, dijelaskan tentang menyampaikan usulan kebutuhan formasi ASN untuk tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kab.SBB, Manan Tuarita, S.Sos yang ditemui saat jam Kerjanya di Piru 17/7/19 mengatakan bahwa, Pemda SBB telah menyampaikan usulan CPNS 2019 ke MENPAN-RB beberapa waktu yang lalu.

“kami telah menerima surat dari MENPAN-RB agar menyampaikan usulan CPNS 2019 dan Kami telah menyampaikan usulan tersebut ke MENPAN-RB beberapa waktu yang lalu,” ujarnya.

“Kami mengharapkan MENPAN-RB mengabulkan pengusulan tersebut karena memang dibutuhkan Pemerintah Daerah Kab.SBB,” lanjut beliau.

Seleksi CPNS yang nanti akan dibuka lebih di fokuskan kepada Tenaga Pendidikan dan Tenaga Kesehatan, apalagi untuk daerah-daerah terbelakang yang membutuhkan Tenaga pendidikan dan Tenaga Kesehatan dalam lingkup Kab.SBB.

Disinggung seleksinya dia menjelaskan, jumlah tersebut baru berupa usulan yang diajukan ke pusat, dan masih bisa berubah tergantung balasan dari MENPAN-RB dahulu yang pastinya memutuskan kuota CPNS di masing-masing lingkup Daerah.

“Jika MENPAN-RB telah menerima usulan Pemda SBB dan memutuskan kuota, maka akan ditindaklanjuti dengan petunjuk teknis (Juknis) untuk proses pelamaran dan seleksi”, tambah beliau.

Seleksi CPNS 2019 tetap menggunakan jaringan online, baik pendaftaran hingga pengumuman lulus sehingga para calon pelamar harus menguasai komputer.

Sistem seleksi Untuk CPNS tetap berbasis Computer Assisted Tes (CAT) yaitu melaksanakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan komputer karena sudah tertera dalam Juknis.

Terakhir beliau mengharapkan kepada pelamar CPNS Kab.SBB hendaknya mempersiapkan berkas administrasi dan persyaratan lainnya sehingga bila waktu pendaftaran dibuka, maka seleksi CPNS akan segera dilaksanakan Pemda Kab.SBB.

LEAVE A REPLY