Piru– Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) saat ini dinyatakan bebas dari penyebaran Covid-19. Pernyataan ini disampaikan Juru bicara tim Gustu Covid-19 SBB, Henry Mandaku melalui rilis persnya (28/8/2020).
Menurutnya, SBB dinyatakan bebas Covid-19 berdasarkan Surat yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Nomor: 443.33/3436.a/Dinkes tanggal 22 Agustus 2020 perihal penyampaian hasil Laboratorium atas 7 (tujuh) sample Covid-19 dari kabupaten SBB, Yang terdiri atas 3 pasien terkonfirmasi positif dan 4 pasien reaktif rapid test semuanya dinyatakan Negatif Covid-19.
Dengan demikian, sejak awal pandemi Covid-19 hingga saat ini, jumlah pasien positif di SBB sebanyak 13 orang. Dimana, jumlah pasien sembuh 11 orang dan meninggal dunia 2 orang. Namun, semua pasien terkonfirmasi positif tersebut merupakan pelaku perjalanan dari luar kabupaten Seram Bagian Barat,” jelas Mandaku.
“Merujuk pada data tersebut, maka saat ini kabupaten SBB dinyatakan bebas dari Covid-19 dan berada pada zona hijau,” tegasnya.
Mandaku menuturkan, SBB bisa sampai pada kondisi zona hijau tidak terlepas dari kerja keras dan keseriusan Bupati M. Yasin Payapo dan Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) kabupaten SBB dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di daerah bertajuk “Saka Mese Nusa,” tersebut.
“Semua ini dapat dicapai berkat kerja keras bupati dan Forkopimda, serta didukung oleh seluruh masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan, serta memperketat semua pintu keluar masuk dari dan keluar SBB,” tutur Mandaku.
Dengan demikian, harapan dan tantangan terbesar kedepannya ialah bagaimana Pemerintah dan seluruh masyarakat SBB dapat mempertahankan kondisi yang ada (zona hijau) .

LEAVE A REPLY