PEMDES TIHULALE SIAP WUJUDKAN TIHULALE DESA INGGRIS DAN DESA WISATA

0
22

NAMALATU- Desa Tihulale, di Kecamatan Amalatu merupakan salah satu desa masih memegang nilai-nilai budaya, tradisi, adat istiadat yang hingga kini masih berakar kuat dalam seluruh tatanan kehidupan masyarakat Desa Tihulale.

Menurut Kepala Desa Tihulale E. Salawaney, dikediamannya sangat mendukung program-program peningkatan sumber daya manusia di Desa Tihulale seperti wonderfull Tihulale, dan program peningkatan nilai-nilai kebudayaan yang selama ini mulai terguras oleh situasi zaman yang semakin modern.

Katanya pula, Pemerintah Desa Tihulale terus menyiapkan generasi mudahnya agar kedepan dapat berperan aktif dalam mengembangkan seluruh potensi mereka untuk dapat belajar berbahasa inggris, memiliki kemampuan berpidato agar nantinya harapan Pemerintah Desa Tihulale untuk menjadikan desa Tihulale sebagai Desa Berbahasa Inggris dan Desa Wisata.

Sementara itu, ketua Majelis Jemaat GPM Tihulale pdt. Vally Luturmas pada kesempatan yang berbeda mengatakan potensi anak-anak di desa Tihulale dalam berpidato dan berbahasa inggris harus terus diasah dan dikembangkan. Dirinya sebagai pihak gereja tetap akan mendorong berbagai  program-program pemberdayaan kepada anak-anak Tihulale agar kedepan mereka dapat menjadi orang-orang yang berkualitas diberbagai bidang profesi. Untuk itu salah satu penunjang pengembangan potensi anak adalah dalam berbahasa Inggris.

Tiga kali program wonderfull Tihulale yang menghadirkan anak-anak muda dari berbagai Negara yang dating, tinggal dan hidup bersama masyarakat Tihulale turut memberi peran penting bagi pengembangan potensi anak. Hal ini dapat menjadikan Desa Tihulale sebagai desa Wisata, desa Inggris yang dikenal oleh banyak kalangan.

Untuk itu, dirinya berharap agar pemerintah daerah Kabupaten Seram Bagian Barat dapat melihat potensi seni yang ada di Desa Tihulale. Sebab kita tidak dapat berkembang jika tidak ada perhatian dari pemerintah kabupaten Seram Bagian Barat agar kedepan Desa Tihulale dapat mewujudkan harpan masyarakatnya untuk menjadikan Desa Tihulale sebagai Desa Inggris.

Kekaguman 10 peserta magang internasional yang pernah berpetualangan epik di Desa Tihulale lewat proyek The Wonderfull Maluku Project yang melibatkan 28 peserta yang difokuskan pada desa tihulale, Kaibobo, dan Niwelehue terus mempromosikan Tihulale kepada dunia.

Dari beberapa artikel yang dimuat media nasional, menceritakan bagaimana kekaguman 10 peserta wonderfull Tihulale terhadap keramahtamahan penduduk dan keindahan objek wisata Desa Tihulale dengan pernyataan tegas 10 peserta “Kami telah menemukan permata tersembunyi Tihulale”

LEAVE A REPLY