Piru: Sebagaimana diketahui wilayah kerja Korem 151/Binaiya Kodam XVI/Pattimura amat luas karena di pisahkan oleh lautan membawahi 5 Kodim. dimana tiap-tiap Kodim masih membawahi beberapa Kabupaten. Seperti Kodim 1502/Masohi  meliputi beberapa kabupaten, yakni Kabupaten Maluku Tengah, kabupaten Seram Bagian Barat dan Kabupaten Seram Bagian Timur. lni salah satu kajian dan alasan pemekaran Komando Teritorial Kodim 1502/Masohi. Pemekaran ini bertujuan agar pertahanan negara dapat di gelar sampai pulau-pulau terdepan. Selain itu agar pembangunan dapat cepat merata di seluruh indonesia.

Sebagai salah satu pemekaran maka Kodim persiapan yang di pimpin oleh Mayor Inf. Pantas Hutapea sebagai Pabung Kodim persiapan SBB Seram Bagian Barat untuk segera melengkapi sarana dan prasarana Kantor Kodim persiapan SBB maka pada tanggal 22 Juli 2019 pukul 08.00 memerintahkan Kapten inf. Subardi selaku perwira seksi teritorial Kodim persiapan SBB mendirikan tiang bendera dan  pengecatan Penjagaan dan Kantor Staf agar bangunan yang akan di gunakan sebagai kantor sementara Kodim persiapan SBB menjadi bersih nyaman serta layak  di pandang sebagai Kantor Kodim persiapan SBB.

Kantor Kodim persiapan SBB sementara menggunakan bekas rumah pribadi mantan Bupati SBB  Bpk. Yakobus Putilehalat yang tentunya memerlukan pembenahan dan penyesuaian agar layak di jadikan kantor sementara Kodim persiapan SBB.

Sebagai Satgas pertama pemekaran Kodim SBB yang berasal dari seluruh kesatuan baik yang berasal dari komando teritorial dan satuan tempur dan banpur dari  seluruh kodam di Indonesia dengan semangat yang tinggi seluruh anggota bekerjasa bersama-sama dalam rangka pembenahan Kantor Kodim SBB. Para anggota dengan jiwa korsa sebagai satgas teritorial melaksanakan kegiatan dengan senang hati sehinga pekerjaan mendirikan tiang bendera, mengecat Penjagaan dan Kantor Staf sesuai arahan Pasiter satgas teritorial Kapten Inf Subardi berjalan dengan cepat dan sesuai harapan.

Selain itu, Pabung Kodim Persiapan Seram Bagian Barat Mayor Inf Pantas Hutapea juga melakukan silaturrahmi dengan Pemerintah Negeri Eti yang diterima secara langsung oleh Penjabat Negeri  Bapak Hermanus Tuheteru dalam rangka koordinasi mengenai tanah hibah untuk rencana lokasi pembangunan Kodim SBB.

Dalam silahtuhrami tersebut, Pabung Kodim persiapan SBB menyampaikan, adanya pemekaran wilayah teritorial, menuntut penambahan Kodim di Seram Bagian Barat.

”Adanya pengembangan wilayah teritorial, perlu diikuti pembentukan satuan kewilayahan, termasuk di wilayah Kodam XVI/PTM Korem 151/Binaiya, tepatnya di Kabupaten Seram Bagian Barat yang akan dibangun Kodim SBB” Kata Mayor Inf Hutapea. Pabung  berharap, pembangunan Kodim SBB  ini dapat mempererat sinergitas antara Kodam XVI/PTM dengan masyarakat dan  Pemerintah daerah SBB.

Sementara itu penjabat Negeri Eti Hermanus Tuheteru menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah SBB, masyarakat dan khususnya seluruh perangkat pemerintahan di wilayah Negeri Eti siap mendukung rencana pembangunan kodim SBB serta merasa bangga dan senang.

Penjabat Negeri Eti meyampaikan siap mendukung rencana pembangunan Kodim SBB dan saya berharap bahwa di kemudian hari TNI-AD bisa memberikan apresiasi atas dukungan masyarakat Eti berupa penghargaan untuk menjadikan putra dan putri terbaik dari negeri Eti untuk menjadi prajurit TNI-AD.

“ Yang jelas untuk masalah tanah masyarakat Eti siap mendukung pembangunan Kodim SBB dengan memberikan Hibah pada TNI-AD, dan saya berharap TNI-AD melalui Kodam XVI/PTM dapat memberikan apresiasi dan penghargaan pada masyarakat Eti dengan menjadikan putra dan putri terbaik ETI untuk menjadi Prajurit TNI-AD” harap Hemanus Tuheteru selaku Raja Negeri Eti.

LEAVE A REPLY