Piru- Jelang pelaksanaan puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 pada, Jumat 17 Agustus 2018, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar sejumlah rangkaian kegiatan. Diantaranya malam renungan suci di taman makam pahlawan KAB Ramba Anbara Piru, Jumat (17/8/2018) pukul 00.00 WIB.

Kegiatan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Setda, Para Asisten setda, petinggi Polri, Petinggi TNI, Para anggota DPRD, serta pimpinan OPD lingkup Kabupaten SBB. Mereka menggunakan setelah jas hitam dan peci hitam.

Rombongan Polri SBB berdiri di sisi kiri bersama pasukan Pramuka sementara Pemkab Seram Bagian Barat di sisi kanannya bersama dengan Anggota TNI. Suasana dibiarkan gelap gulita dan sunyi sehingga semakin menambah kekhidmatan renungan suci. Angin malam yang bertiup dan dinginnya malam tak mengurangi kekhidmatan acara.

Beberapa saat sebelum dilakukanya renungan suci, terlebih dulu dilakukan Penghormatan pada saat memasuki tugu makam pahlawan KAB Ramba Anbara Piru.

Kegiatan upacara kehormatan dan renungan suci itu dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang maupun pahlawan pascakemerdekaan RI.

Usai pembacaan doa, apel tahunan jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 ditutup. Seluruh peserta apel meninggalkan kompleks Taman Makam Pahlawan KAB Ramba Anbara Piru secara serentak dan tak lupa mengisi buku tamu.

Pada jumat pagi pukul 09.00 Wit, kegiatan akan diawali dengan pemberian remisi kepada para tahanan di Lapas Kelas II B Piru oleh Bupati SBB, kemudian dilanjtkan dengan upacara detik-detik proklamasi di lapangan halaman depan kantor bupati.

LEAVE A REPLY