PIRU-Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat gelar upacara Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang jatuh pada 2 Mei 2018 pagi ini di pelataran halaman Kantor Bupati Seram Bagian Barat.

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018 mengambil tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Wakil Bupati Seram Bagian Barat bertindak sebagai Inspektur Upacara serta Peringatan Hardiknas tahun ini diikuti oleh Perwakilan Sekolah Dasar, SMP, SMA/SMK, TNI, POLRI, dan perwakilan Aparatur Sipil Negera Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat.

Turut menghadiri acara Hardiknas tahun ini :

Ketua DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat

Sekretaris Daerah Kabupaten seram Bagian Barat

Ketua KPUD Kabupaten Seram Bagian Barat

Waka Polres Kabupaten Seram Bagian Barat

Danramil 1502.07/Piru

Kepala OPD Lingkup Kabupaten Seram Bagian Barat

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati dalam sambutannya melalui tema yang diangkat mengingatkan mari kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara.

Peringatan Hardiknas kali ini juga sebagai momentum untuk melakukan Musabah, Mesubudi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan.

lebih lanjut, dalam waktu yang bersamaan kita harus menerawang kedepan atau membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan, pada Hari Pendidikan Nasional 2018 ini kita perlu merenung sejenak untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas melangkah ke depan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan.

Kondisi ideal Pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan, maka harus terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas, sesuai dengan tuntutan masyarakat , lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan. Disamping itu kita perlu berusaha menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang kaya raya dalam hal budaya, sebagaimana telah diakui oleh salah satu Asisten Direktur Jendral UNESCO, Francesco Bandarin yang mengatakan bahwa indonesia sebagai negara adidaya Kebudayaan.

Cita-cita Pendidikan dan Kebudayaan Nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas, hanya dengan cara itu kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah indonesia, lanjut beliau.

dalam sambutannya juga beliau mengajak kita agar terus berkomitmen dan berikhtiar membangun pendidikan, pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional, kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat, degitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang akar kebudayaan akan lebih menghunjam kian dalam di dalam tanah tumpah darah indonesia. Oleh sebab itu pada Hari Pendidikan Nasional 2018 mari kita satukan tekad untuk “menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan” dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan.

mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati Seram Bagian Barat menegaskan Selamat Hari Pendidikan Nasional, teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan pendidikan indonesia serta memajukan kebudayaan indonesia. Semoga kirta semua dapat menyaksikan Indonesia sebagai bangsa adidaya budaya dengan  pendidikan yang kuat.

Upacara Peringatan HARDIKNAS 2 Mei 2018 juga diakhiri oleh penampilan DrumBand dari SD Santamaria Piru.

LEAVE A REPLY