Piru – Jaringan dokumentasi dan informasi hukum merupakan sistem pendayagunaan bersama peraturan perundang-undangan dan bahan dokumentasi hukum lainnya secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara mudah, cepat dan akurat.

Penyusunan jaringan dokumentasi dan informasi hukum dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari pengumpulan bahan dan pembuatan abstraksi dari setiap peraturan yang ada di Kabupaten Seram Bagian Barat juga sebagai database pembuatan jaringan dokumentasi dan informasi hukum, sehingga jaringan tersebut dapat menyediakan informasi hukum di Kabupaten Seram Bagian Barat yang dapat digunakan oleh seluruh stakeholder dalam membuat keputusan.

Plt Sekretaris Daerah, H.Sy.Silawane, SH, M.Si dalam sambutannya sesaat sebelum melaunching jaringan dokumentasi ini mengatakan bahwa dalam rangka pemanfaatan tekhnologi informasi dan sebagai wadah pusat informasi, dan manajemen dokumentasi dan informasi hukum yang nantinya akan memberikan kinerja yang prima bagi lingkungan pemerintah daerah kabupaten Seram Bagian Barat sehingga perlu dibangun Sistem Aplikasi Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kabupaten Seram Bagian Barat yang dapat diakses secara mudah oleh user internal maupun masyarakat.

Sementara Kepala Bagian Hukum setda, Daniel J. Soukotta, SH , maksud dilaksanakannya Launching website JDIH Kabupaten Seram Bagian Barat oleh Bagian Hukum Setda adalah untuk memberikan kepastian hukum dan kemanfaatan Website JDIH, sementara tujuannya adalah : 1) menjamin terciptanya pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum yang terpadu dan terintegrasi di berbagai instansi pemerintah dan institusi lainnya di Kabupaten SBB, 2) menjamin ketersediaan dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap dan akurat, serta dapat diakses secara cepat dan mudah, 3) mengembangkan kerjasama yang efektif antara pusat jaringan dan anggota jaringan serta antar sesama anggota jaringan dalam rangka penyediaan dokumentasi dan informasi hukum, 4) meningkatkan kualitas pembangunan hukum di Kabupaten SBB dan pelayanan kepada publik sebagai salah satu wujud ketatapemerintahan yang baik, transparan, efektif, efisien dan bertanggung jawab.

Acara Launching Jaringan Dokumentasi san Informasi Hukum ini dilakukan oleh pelaksana tugas Sekretaris Daerah, Bapak H. Sy Silawane, SH, M.Si ditandai dengan penekanan tombol sirine yang disaksikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku, Kasubag Dokumentasi Biro Hukum Setda Provinsi Maluku, Asisten 1 dan 3 Setda Kab SBB dan hadirin undangan yang turut hadir menyaksikan.

Dan bagi institusi maupun masyarakat yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, dapat mengakses melalui www.jdih.sbbkab.go.id

LEAVE A REPLY