Pulau Osi – Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriah yang dihitung berdasarkan revolusi bulan. Nabi Muhammad SAW menyebut bulan muharram sebagai Syahrullah atau berarti bulan Allah. Allah melarang umat Islam untuk berbuat kerusakan, terutama di bulan ini, karena keutamaan bulan muharram adalah bulan suci, sesuai dengan firman Allah dalam Alquran surat At Taubah ayat 36 yang artinya : “ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah diwaktu itu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiyaya diri kamu dalam bulan yang empat itu”

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah, H. Mansur Tuharea, SH dalam sambutan Bupati yang dibacakannya pada acara penyerahan santunan kepada anak yatim piatu yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah (BAZNAS) Kabupaten Seram Bagian Barat yang berlangsung di dusun Pulau Osi. Hadir dalam kesempatan itu selain Sekretaris Daerah, terlihat beberapa pimpinan OPD, pejabat kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat, dan undangan lainnya.

“Saya mengapresiasi positif apa yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Kabupaten Seram Bagian Barat di hari ini yang melakukan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. Menyantuni anak yatim piatu tak sekedar hanya sodaqah semata, namun terdapat berbagai keutamaan di dalamnya. Dekatnya Rasuluallah dengan anak yatim piatu di surga nanti seperti jari telunjuk dan jari tengah. Selain itu, umat muslim yang mengasihi siapa saja yang ada di bumi niscaya akan dikasihi oleh yang di langit” tutur Tuharea.

Lebih lanjut Tuharea  mengharapkan kepada kita semua, agar senantiasa berbagi dengan sesama karena Allah tidak akan pernah membiarkan hamba-Nya yang baik terjebak dalam kesusahan . Apa yang kita lihat sekarang ini juga adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, terutama anak yatim piatu yang berada di Pulau Osi dan sekitarnya demi Kase Bae SBB.

LEAVE A REPLY