Piru: Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-72 Tahun 2018 yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018 tetapi pelaksanaan pada hari rabu, 11 Juli 2018, maka seluruh jajaran Polres Seram Bagian Barat menggelar Upacara Bendera dihalaman Mapolres Seram Bagian Barat.

Peringatan HUT Bhayangakara tersebut mengusung tema ” Dengan semangat Promoter, Polri siap mengamankan agenda kamtibmas tahun 2018-2019″  dihadiri oleh Wakil Bupati Seram Bagian Barat Timotius Akerina,SE,M.Si, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Seram Bagian Barat Drs. Saban Patty, Ketua DPRD Kabupaten SBB Drs. Julius H Rutasouw, Kapolres SBB AKBP. Agus Setiawan.SIK, Wakapolres Kompol Backri Hehanussa, Dangki Brimob IPTU Supriadi, Dandramil 1502/07 Piru Kapten A Laturake, Dangki Yonif Raider 515/uty Kapten Purwanto, Perwakilan Kejari Piru, Pimpinan Tokoh Partai Politik, Tokoh OKP, Ormas, Tokoh Masyarakat, dan organisasi wartawan serta jajaran kepolisian resert Polres SBB dengan tamu undangan kurang lebih 150 orang.

Upacara yang dimulai pukul 08.00 WIT tersebut bertindak selaku inspektur upacara, Kapolres Seram Bagian Barat, AKBP Agus Setiawan.SIK, dan selaku komandan upacara oleh Iptu Zeth Dolfinus Riry.

Dalam sambutannya, Kapolres SBB membacakan  pesan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bahwa hari ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) genap berusia 72 Tahun maka diharapkan polisi tetap menjadi Bhayangkara bagi negara Indonesia, demi tegaknya NKRI yang sejahtera, mandiri, dan berkadilan. Meningkatkan keamanan dan kewaspadaan.

“Mengingat kasus-kasus terorisme yang masih tetap membayangi bangsa ini, diharapkan  Polisi harus tetap meningkatkan keamanan dan kewaspadaan agar tidak lengah dengan indikasi kejahatan yang ada, karena lebih baik mencegah”.

Dalam pesan  Kapolri juga meminta  kepada seluruh anggota Polri menjadikan perayaan kemerdekaan Indonesia, sebagai ajang renungan kebangsaan, bukan hanya tentang pengorbanan pahlawan dalam merebut kemerdekaan. “Sebagai generasi bangsa, selayaknya kita mewarisi semangat para pejuang kemerdekaan dengan terus berjuang tanpa pamrih dan penuh dedikasi kepada bangsa dan negara,” kata Kapolri. Sebagai bagian dari elemen negara, Polri merupakan salah satu aktor yang dapat mendorong dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan diantara masyarakat, ditengah berbagai tantangan tugas yang semakin berat polri bisa memberikan kontribusi positif dalam mendukung laju pembangunan Nasional.

Peran aktif polri dapat ditunjukkan melalui pelaksanaan tugas, peran dan fungsinya sebagai institusi yang bertanggung jawab di bidang keamanan dalam negeri. Berbagai penanganan kejadian gangguan Kamtibmas dan kejahatan dapat berimplikasi terhadap keberhasilan Pembangunan di Indonesia.

Kapolri juga menekankan untuk menjaga soliditas internal, tingkatkan kemampuan dan profesionalisme polri, guna merebut kepercayaan publik; lalu menanamkan dan meningkatkan nilai juang yang dimiliki pahlawan. Seluruh anggota Polri harus menjadi sosok panutan dan teladan ditengah masyarakat, untuk menghindari tindakan yang menyakiti hati masyarakat, serta lakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. “Polri juga harus meningkatkan kerja sama dan membangun sinergi dengan seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah pusat dan daerah, lembaga negeri dan swasta, TNI, Aparat penegak hukum lain, maupun dengan seluruh komponen masyarakat dimana pun berada,” jelasnya.

LEAVE A REPLY