NUNIALI-kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) punya beragam destinasi wisata yang tersebar diberbagai tempat di kabupaten ini dan belum banyak dikenal wisatawan lokal, baik dari Maluku maupun nasional apalagi dari mancanegara. Mulai dari wisata alam, religi, budaya adat istiadat, kuliner hampir semuanya ada.

Salah satu contoh wisata alam yang banyak ditemukan di SBB adalah air terjun. Selain punya Air terjun Rumahkay dan Air terjun Lumoli yang sudah dipublikasikan lewat media ini, ada juga air terjun lain yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi. Berada di desa Nuniali Kecamatan Taniwel, lokasinya berjarak kurang lebih 60 KM dari ibukota kabupaten SBB kota Piru.

Pemandangan Air terjun Tona yang memukau mata.

Air terjun ini biasanya disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Air terjun Tona. Untuk mencapainya, pengunjung atau wisatawan dapat menggunakan jalur darat baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Satu jam mungkin terdengar lama, namun anda tak perlu risau karena selama perjalanan anda nantinya akan disuguhi berbagai pemandangan indah seperti hamparan padang rumput bergaya Eropa yang ditumbuhi pohon minyak kayu putih liar dan sedap dipandang mata. Anda juga akan melewati objek wisata Pulau Osi serta area hutan hujan tropis yang hijau menyejukkan.

Hamparan padang rumput dan pohon minyak kayu putih di jalan menuju ke arah Air terjun Tona dari arah kota Piru.

Oh iya bagi anda yang belum tahu, Pulau Osi merupakan sebuah destinasi wisata alam yang menampilkan keunikan dan keindahan tersendiri. Dimana akan akan anda temui pulau-pulau kecil yang berderet dan dihubungkan langsung oleh jembatan kayu yang disebelah kanan kirinya ditumbuhi rimbunan pohon Bakau tumbuh alami. Jadi dalam sekali perjalanan wisata, ada dipastikan akan dapat menikmati beragam objek wisata sekaligus.

Jembatan kayu objek wisata Pulau Osi.

Kembali ke topik pembahasan, air terjun Tona sendiri hanya seratus meter dan bisa terlihat langsung dari jalan raya utama sehingga tidak membutuhkan usaha yang ekstrim untuk mencapai lokasinya. Anda cukup berjalan kaki menyusuri setapak yang sudah ada dan saat media ini berkunjung tidak terlihat ada petugas penjaga yang menarik retribusi atau bayaran sehingga tidak ada biaya masuk untuk pengunjung atau wisatawan.

Pondok dan jalan setapak yang ada di lokasi air terjun Tona.

Saat berada di lokasi anda diharuskan untuk berhati-hati, karena disekitar air terjun banyak bertebaran batu-batu karang yang cukup terjal dan licin sehingga jika kurang awas anda bisa terjatuh.

Airnya yang sejuk dan rimbunnya pepohonan besar yang tumbuh di sekitarnya, membuat suasana damai dan asri begitu terasa dari objek wisata ini. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 20 meter ini baiknya dikunjungi pada bulan Oktober hingga Maret, dimana cuacanya kemungkinan cerah dan tidak ada hujan.

Pepohonan yang asri dan batuan yang terhampar di area sekitar air terjun Tona ini.

Karena selain tidak menggangu aktivitas berwisata kita, debit air dari sungai di sana tidak terlalu besar dan bisa terlihat lebih jernih. Tapi jika hanya punya waktu berkunjung pada bulan-bulan yang lain juga tidak apa-apa, asalkan siapkan diri untuk kemungkinan menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba.

Untuk tempat berteduh atau bernaung selama berada di lokasi, oleh pemerintah desa telah disediakan pondok yang bisa dipakai untuk meletakan barang bawaan dan sebagainya. Oh iya di lokasi tidak tersedia kamar ganti dan juga kios penjual makanan sehingga untuk kebutuhan makan minum dan ganti baju harus anda siapkan sendiri. Misalnya dengan membawa makan minum sendiri, sedangkan untuk ganti baju anda dapat memanfaatkan pepohonan di area sekitar meskipun dirasa kurang nyaman. Ini mungkin yang mestinya menjadi perhatian pemerintah desa agar kedepannya bisa disediakan bangunan untuk berganti pakaian agak kenyamanan pengunjung dapat selalu terjaga.

Tampak pengunjung yang sedang menikmati pemandangan Air terjun Tona ini.

Terakhir pesan untuk anda yang berniat menghabiskan waktu senggang anda di lokasi wisata ini, diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan salama anda berada di sana dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat karena belum tersedia tempat sampah.

LEAVE A REPLY