Piru, Tribun-Maluku.com : Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Dra B. D. Puttileihalat mengatakan Peserta MTQ tingkat provinsi Maluku asal kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) mengikut ujian selama tiga hari di SD Inpres I Piru.

“Pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat Sekolah Dasar SD/MTS tahun ini bertepatan dengan pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Maluku di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) sehingga ada peserta yang merupakan siswa ujian akhir dan telah mengikuti ujian yang berasal dari SD Negeri I Saumlaki atas nama Nurhayati Aulia,” jelasnya di Piru, Jumat (22/5)

Menurut Puttileihalat, sebelum mengikuti ujian, dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten SBB telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan pemuda dan olahraga kabupaten MTB sehingga tidak ada kendala, hanya saja pemberitahuan terlambat sehingga lembaran LJUN tidak mencukupi.

“Siswa tersebut tetap melaksanakan ujian dengan menggunakan LJUN foto copy, setelah selesai ujian hasilnya akan dibuat berita acara dan diberikan kepada panitia MTQ kabupaten MTB untuk di serahkan kepada dinas pendidikan kabupaten MTB,” bebernya.

Puttileihalat optimis pelaksanaan ujian berjalan dengan baik karena komitmen antara dinas dengan sekolah telah dibuat dalam satu fakta integritas karena perpanjangan tangan dinas adalah kepala sekolah sehingga apabila terjadi sesuatu maka resiko terhadap kepala sekolah yang bersangkutan .

Dia menambahkan sudah di berikan arahan serta petunjuk teknis untuk tidak boleh keluar dari aturan yang ada karena selama ini dari tahun ketahun dinas pendidikan tetap mempertahankan hasil kelulusan hanya saja ada perbedaan di tahun ini, hasil ujian di kembalikan kepada sekolah untuk menentukan keberhasilan siswa yang ada di sekolah masing – masing maka lulus atau tidak lulusnya siswa berdasarkan standar nilai yang sudah di tetapkan MKKS

Selaku penanggung jawab pendidikan di daerah, Puttileihalat berharap pelaksanaan ujian nasional tingkat SD/MTs berjalan dengan baik, sukses pelaksanaannya dan sukses hasil.

Ditempat terpisah, Kepala sekolah SD Inpres I piru Ny. S Kakisina Spd membenarkan bahwa salah satu peserta ujian tahun ini merupakan peserta MTQ yang berasal dari kabupaten MTB.

“Nurhayati Aulia selama mengikuti ujian tidak ada diskriminasi atau perbedaan, Aulia diposisikan sama dengan peserta ujian lainnya dan Aulia tidak hadir sendirian tetapi bersama pendampingnya,” ungkap Kakisina.

Menurut Kakisina Satu kebanggaan bagi SD Inpres 1 piru karena dari 216 sekolah penyelenggara ujian nasional tingkat SD/MTS Sekolah yang dipimpinnya dipercayakan oleh dinas Pendidikan Kabupaten SBB bagi salah satu peserta MTQ mengikuti ujian bersama.

“Apalagi SD Inpres 1 Piru ditunjuk sebagai tempat pembukaan sampul perdana sehingga hal ini menjadi satu motivasi untuk ke depan sekolah yang dipimpinnya lebih baik dari tahun sebelumnya,” tandasnya.

LEAVE A REPLY