Piru- Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu resmi membuka awal sidang Teleconference / Dering yang di laksanakan ruang sidang PN Dataran Hunipopu. Hal ini dilakukan karena adanya bencana virus corona yang mengancam kesehatan umat manusia.

Menurut juru bicara sekaligus Hakim PN Dataran Hunipopu Agus Triyanto.SH.MH kepada awak media diruang sidang Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu mengatakan saat ini PN Dataran Hunipopu baru memulai awal akses sistim Sidang berbasis Elektronik atau yang di sebut Teleconference/Dering. hal ini di lakukan berdasarkan anjuran Pemerintah yang berkaitan dengan penanggulangan penyebaran virus corona (Covid 19).

“Pelaksanaan sidang Teleconference/Dering ini dilaksanakan dengan menyidangkan sebanyak 9 perkara pidana, dengan waktu pelaksanaan sampai pada pekan depan karena adanya saksi yang cukup banyak pekan depan akan di laksanakan pada selasa, Rabu, Kamis, berdasarkan permintaan Kejaksaan untuk di tambah waktu sidangnya karena sesuai dengan banyaknya saksi yang ada.” Kata Truyanto.

masa sidang pada Rabu, dan Kamis, sidangnya akan dilaksanakan pada Kantor Pengadilan, sedangkan jaksa tetap ada di kantor kejaksaan, sementara para saksi baik saksi dari Jaksa maupun dari saksi terdakwa tetap ada di kantor kejaksaan. Untuk terdakwanya tetap berada pada Lembaga Permasyarakatan dan wajib didampingi oleh penasehat Hukumnya, dan hal ini di laksanakan dalam sistim secara berjauhan demi mencegah penyebaran Virus Covid – 19.

Proses persidangan Teleconference/Dering merupakan hal yang baru bagi masyarakat terkhusus keluarga terdakwa, namun Pengadilan Negeri Dataran Hunipopu telah menyediakan fasilitas yang ada diruang sidang guna keluarga atau masyarakat yang hendak menyaksikan jalannya sidang secara elektronik, untuk masyarakat diluar hubungan keluarga, PN Dataran Hunipopu juga mennyediakan layar tancap atau layar lebar.

Untuk itu, Agus Triyanto.SH.MH berharap dengan adanya sistim sidang Teleconference/Dering yang baru ini dapat membantu untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid – 19. Kepada masyarakat agar dapat berusaha untuk menyesuaikan dan memahami sehingga dengan adanya pengertian baik Masyarakat khususnya keluarga terdakwa maka membantu memperlancar program Pemerintah guna kesejahtraan Rakyat dalam Condisi antisipasi pencegahan penyebaran Virus Covid – 19.

LEAVE A REPLY