Translok- Dalam rangka mewujudkan kehidupan masyarakat dalam cinta damai, maka Kapolres Seram Bagian Barat bersama warga jemaat mengikuti Ibadah minggu Adventus pertama digedung gereja Jemaat Elim Dusun Translok, Desa Eti.

Kapolres SBB AKBP. Bayu Tarida Butar Butar.S.Ik yang didampingi Istrinya Ny. Chichi Butar Butar ikut serta dalam ibadah Minggu Adventus pertama. Turut hadir pula Kabag Ops Res SBB AKP. Vitalis Goleng, Kabag Ren Res SBB AKP. Zet Wacano, Kasat Intelkam Res SBB Iptu. Missen H. Ngongobili, Kasat Tahti Res SBB Iptu. J. Nuniary, Kapolsek Piru.Iptu J.B.B Bolohroy. Kasih Propam Res SBB Ipda. Hendri Nikijuluw, Ketua Klasis Seram Barat Pdt. Reni Haliwela.S.Si, Ketua Majelis GPM Jemaat Elim Pdt.S.Talutta. S.Si, Majelis Jemaat, serta juga Kepala Bidang Politik Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.SBB F.Taihutu S.Sos, Kepala Seksi Nilai Nilai Pengembanam Nilai – nilai Pambaharuan Badan Kesbang Pol dan Linmas Kab.SBB Sarlota Purimahua, S.Sos, Penjabat Kepala Desa Lumoli Sopia Makaluy, dan AMGPM (Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku) Cabang Lumoli serta warga jemaat GPM Elim Translok yang berjumlah kurang lebih 150 orang.

Dalam ibadah tersebut pemberitaan firman Tuhan di bawahkan oleh Pdt. Edmon F. Rumalatu, S.Si dengan pembacaan Alkitab terambil dari Mazmur 24 ayat 1 – 10.

Kapolres SBB AKBP.Bayu Tarida Butar Butar.S.Ik dalam himbauan Kamtibmas mengatakan saya meyakini warga jemaat yang hadir beribadah saat ini telah membuang rasa dengki, rasa dendam dan akan menjadi agen perdamaian dimanapun berada baik di Dusun Translok maupun di Desa Lumoli. Tidak mengungkit/mengingat peristiwa kembali peristiwa yang terjadi tanggal 12 Oktober 2020, jadikan peristiwa tersebut sebagai pelajaran bagi kita semua dan mulailah untuk membuka lembaran kehidupan yang baru. ucap Kapolres

“Kami dari pihak Kepolisian mendapatkan semangat dan spirit dari para tokoh sentral Desa Lumoli maupun Translok dalam membantu proses perdamaiaan, yang mana pada tanggal 26 November 2020 telah dilaksanakan kegiatan Coffe Morning yang dihadiri oleh para tokoh sentral Desa Lumoli dan Dusun Translok. Harapan pihak Kepolisian agar para tokoh yang menjadi perwakilan perdamaian dapat mencantumkan poin – poin kesepakatan antara Desa Lumoli dan Dusun Translok, sehingga dapat menjadi acuan untuk tidak terjadi lagi peristiwa serupa dikemudian hari”. Harapnya

Tambahnya, Jika dicermati bersama, bahwa peristiwa yang terjadi tanggal 12 Oktober 2020 dipicu penggunaan knalpot racing pada kendaraan bermotor dan pengaruh minuman keras. Peran Polri untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat tidak kalah pentingnya peran para orang tua menjadi contoh dan teladan dalam mendidik dan mengarahkan anak dalam lingkup keluarga untuk melakukan hal tindakan/hal yang positif.  Pasalnya, pihak Kepolisian tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan sinergitas dan topangan doa dari para Tokoh Agama, sehingga semua langkah / tindakan rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik. Proses penegakan hukum sedang berjalan, untuk itu dihimbau kepada masyarakat untuk menghormati penegakan hukum, karena kita semua berada dalam negara hukum.

Ucapan terima kasih pihak Kepolisian kepada Pemuda Dusun Translok atas dukungannya dalam memberikann informasi – informasi sehingga para pelaku dapat diamankam serta penanganan kasus dapat ditangani dengan baik.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, maka pihak Kepolisian akan meningkatkan kegiatan Patroli oleh personil Sabhara Polres SBB dan personil Polsek Piru serta peran Bhabinkamtibmas Desa Lumoli dan Dusun Translok mengotimalkan kegiatan sambang guna menyerap informasi provokasi yang berkembang di kalangan masyarakat. Tegas Kapolres

Ketika dalam kegiatan patroli masih ditemukan adanya kelompok pemuda yang mengkonsumsi miras, maka kami akan mengamankan dan memberikan pembinaan sebelum dipulangkan untuk dilakukan pembinaan rohani oleh masing – masing pimpinan jemaat. Hal ini bertujuan semata – mata guna mencegah timbulnya potensi gangguan kamtibmas. Ungkapnya

Dapat saya informasikan bahwa sesuai dengan masukan tokoh pemuda Translok pada tanggal 26 November 2020 dalam kegiatan Coffe Morning, dalam waktu dekat akan dipasang lampu penerangan di beberapa titik dalam Dusun Translok guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Desa Lumoli pada saat melintasi Dusun Translok.

Kapolres juga mengajak Warga jemaat bahwa” Marilah melaksanakan protokol kesehatan, karena dengan melaksanakan protokol kesehatan maka kita sudah menjaga keluarga kita di rumah serta mengajak warga jemaat untuk berdoa semoga wabah covid 19 saat ini cepat berlalu.

LEAVE A REPLY