Piru- Aparat TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar kegiatan “Jumat Bersih” Guna menciptakan suasana dan lingkungan yang sehat serta menjaga kebersihan di Ibu Kota Kabupaten pada Jumat (05/04/2019).

Aksi Jumat Bersih itu diawali dengan apel pagi di Tugu Ina Ama, Ibu Kota Kabupaten SBB, yang diikuti oleh Anggota Polri, TNI dan ASN Lingkup Kabupaten SBB, selanjutnya diarahkan ke lokasi kerja bakti yang difokuskan pada 2 titik yakni Pasar Ikan Piru dan Pasar Rakyat Kota Piru.

Kapolres Seram Bagian Barat (AKBP) Agus Setiawan, SIK  mengatakan “Jumat Bersih” ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar Kota Piru. Kegiatan dimulai dengan membersihkan sampah kering dan sampah basah yang ada di halaman depan dan belakang lokasi Pasar, membersihkan dan membabat rumput-rumput yang tumbuh secara liar, Serta selokan-selokan yang terdapat sampah juga dibersihkan agar tidak tersumbat dan banjir ketika hujan.

“Diharapkan Kegiatan ini tidak hanya satu hari ini saja, tertapi kedepan juga akan dilaksanakan secara rutin”, Ujarnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kembali kepedulian masyarakat khususnya pemilik kios dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar pasar, dengan terlibatnya tripika di Kabupaten SBB, yakni Polri, TNI dan Aparat Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut beliau katakan masyarakat harus mempunyai kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, Dengan lingkungan yang bersih, diharapkan dapat mencerminkan kesehatan karena Kebersihan sebagian dari iman.

Menurutnya, tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan masyarakat, akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di lingkungan pasar akan terasa nyaman dan fasilitas di sekeliling kita dapat terpelihara dengan baik.

Harapannya kedepan bukan hanya TNI-Polri dan Aparat Pemda saja, tetapi masyarakat juga harus  lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan , bukan hanya di pasar melainkan di tempat-tempat umum lainnya di Kota Piru.

Terakhir Ia katakan masyarakat harus sadar agar tidak membuang sampah sembarangan, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda setempat dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup agar menyediakan tempat sampah khusus di lokasi-lokasi keramaian.

LEAVE A REPLY