PIRU-Pulau Kasa adalah salah satu pulau tak berpenghuni di wilayah  Propinsi Maluku yang berlokasi di Kabupaten Seram Bagian Barat. Pulau kosong yang tidak berpenghuni ini berhadapan dengan Dusun Katapang dan Desa Kaibobu.

Pemerintah kabupaten Seram Bagian Barat telah melakukan pembangun di Pulau tersebut dan rencana nya pulau itu akan di gunakan sebagai tempat wisata bahari sesuai dengan Surat Menteri Pertanian, No : 653/KPTS/ KUM /10/1978 tanggal 25 Oktober 1978. Pulau kasa memiliki luas Taman Wisata Alam laut adalah 1100 Ha. Sementara luas dataran adalah 900 Ha. Pulau Kasa selain memiliki pemandangan alam yag indah juga memiliki sumber daya alam laut yag begitu besar dengan terumbu karang yang beraneka ragam. Berbagai corak kehidupan laut dengan ikan, karang yang beraneka ragam bentuk dan ukuran.

Pulau Kasa juga memiliki beberapa potensi flora dan fauna, beberapa potensi flora Pulau Kasa adalah Anggrek Bulan Ambon, Cemara Laut, Waru Laut, Bintanggor, Pandan Laut dan Beringin Pantai. Sementara Potensi fauna adalah merupakan habitat burung Camar, Burung Pantai,  dan Burung Gosong ( Maleo ).

Tebaran pasir putih yang mengililingi pulau ini dengan pemandangan bawah laut yang indah dan alami sangat cocok bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, serta  bagi wisatawan yang suka olah raga air dapat berenang dan menyelam ditemani ikan  sambil menikmati terumbu karang dan berbagai biota laut.

Untuk mencapai Pulau kasa bisa menggunakan speedboat dan bisa ditempuh dari bebagai tempat seperti dari Dusun katapang sekitar 15 menit, Desa Kaibobo sekitar 10 menit dan juga bisa dari Kota Piru, Ibukota Kabupaten Seram Bagian Barat sekitar 30 menit.

Mendekati pulau kasa wisatawan akan disambut dengan Jembatan yang panjangnya 150 meter, merupakan sebuah dermaga yang menghubungkan antara pulau menuju pelabuhan kapal. Ombak setinggi dua meter yang sering menampar jembatan ini, bersanding dengan putihnya pasir Pulau kasa. Pengunjung dapat menyaksikan indahnya pasir putih ini ketika air laut surut dari permukaan pinggir pantai. Keuntungan sebuah pulau yang tak berpenghuni ini adalah keindahan dan keasliannya tetap terjaga secara alami, tanpa campur tangan manusia.

LEAVE A REPLY