Namlea-Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an (LPTQ) tingkat Provinsi Maluku yang diselenggarakan di jiku marasa beach, Kec. liliali, Kabupaten Buru, sabtu (14/6/19). Melakukan penentuan tuan rumah pergelaran Musabawah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021.

Dari hasil Rakerda LPTQ tingkat Provinsi Maluku tersebut, menyatakan bahwa pergelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-29 tahun 2021 dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar tepatnya di kota saumlaki.

Sebelumnya, ada 3 Kabupaten yang berpotensi untuk menjadi tuan rumah MTQ ke-29 tingkat Provinsi tersebut, yaitu Kabupaten Maluku Tengah, Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Namun, Sesuai kesepakatan dan musyawarah bersama, Kabupaten Kepulauan Tanimbar terpilih menjadi tuan rumah pergelaran MTQ ke-29 tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku dalam memberikan sambutan mengatakan selain menjadi ajang silaturahmi, forum ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi secara langsung pelaksanaan MTQ yang sedang berjalan, penetapan kebijakan strategis dan juga sebagai forum penetapan tuan rumah untuk pelaksanaan MTQ berikutnya.

“LPTQ sebagai lembaga pembinaan dan pengorganisasian berperan sangat penting bagi peningkatan kualitas MTQ, baik di level kecamatan, kabupaten, provinsi, nasional hingga internasional”, tambahnya.

Keberadaan LPTQ diharapkan tidak hanya sekedar memperkuat dan melestarikan apa yang telah ada, LPTQ harus mampu melahirkan gagasan-gagasan yang signifikan dalam pembinaan dan kemajuan penyelenggara MTQ kedepan.

Beliau berharap dalam tatanan masyarakat LPTQ harus berfungsi sebagai lembaga yang turut menumbuhkembangkan pendidikan Al-Quran di tengah masyarakat.

Sebagai lemabaga yang bertanggung jawab dalam pengembangan, pembinaan dan penghayatan, LPTQ di harapkan dapat meningkatkan kiprahnya dalam membina para qori dan qoriah, hafiedz dan hafiedzah serta mufassir untuk mencapai prestasi terbaik disetiap musabaqah atau kejuaraan baik ditingkat provinsi, nasional maupun internasional.

Hadir dalam rakerda tersebut Forkopimda daerah maluku, Kakanwil Kemenag Prov.maluku, Anggota DPRD kab.buru, sekda kab.buru, pengurus LPTQ prov maluku dan Kabupaten/kota, tokoh agama serta undangan lainnya.

LEAVE A REPLY