Piru-Hujan yang tidak berhenti di Desa Piru Kabupaten Seram Bagian Barat mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah Piru tergenang air yang cukup tinggi pada selasa 2/7/2019, beberapa ruang pada Rumah Sakit Umum Daerah Piru tergenang air dan harus mengefakuasi pasien ke ruangan yang tidak tergenang.

Direktur RSUD Dr.Michael. Siwabessy memberikan keterangan terkait genangan air yang masuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Piru, beliau mengatakan hujan yang turun kali ini lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, seharian curah hujan terus turun dan mengakibatkan hampir sekitar 50 Cm ketinggian air yang masuk di beberapa ruangan Rumah Sakit Umum Daerah Piru saat ini.

Ruangan yang tergenang air tersebut yakni Ruangan Kebidanan, Ruangan Operasi, bahkan gudang obat pun terkena imbas genangan air tersebut, beberapa pasien lalu di evakuasi ke ruangan kosong lainnya.

Melihat hal tersebut beliau lalu melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Tim evakuasi pihak BPBD di pimpin lansung oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik Henry Risakotta.S.Sos.

Pegawai BPBD Suriali.ST.MT menjelaskan upaya-upaya penanggulangan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah hanya bersifat membantu pihak RSUD karena yang terjadi bukanlah sebuah bencana Alam namun hanya sebatas genangan air akibat derasnya curah hujan.

Beliau menambahkan bahwa adapun yang dapat di lakukan oleh pihak BPBD adalah membantu pihak RSUD untuk mengevakuasi pasien dari ruangan genangan ke ruangan kosong lainnya termasuk mengangkat fasilitas peralatan RSUD yang berada pada ruangan yang tergenang air.

Genangan tersebut bukan akibat bencana namun karena fasilitas saluran air yang sudah tersumbat mengakibatkan air tidak bisa lewat pada jalur yang tersedia (god/saluran).  ujarnya.

LEAVE A REPLY