PIRU- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI) akan membangun BTS USO di Kabupaten Seram Bagian Barat sebanyak 6 titik. Kepastian ini didapat setelah Kadis Kominfo Kab. SBB Abdul Rahman, ST menerima anggota Tim Survey dari PT. Aprilia Profesional Technology (Aprotech) selaku mitra pelaksana pembangunan 6 Base Transciever Station (BTS) USO di Kabupaten SBB, Senin kemarin.

Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada Kemkominfo dalam hal ini Bakti karena sudah mengalokasikan bantuan BTS untuk masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat untuk tahun 2019 sebanyak 6 titik, hal ini dikatakan Abdul Rahman pada saat diwawancara media ini di ruang kerjanya, Rabu (22/5/19).

Adapun titik lokasi yang akan dibangun BTS USO antara lain Desa Hunitetu di Kecamatan Inamosol, Dusun Huhua Desa Buano Utara di Kecamatan Huamual Belakang, Desa Masawoi di Kecamatan Pulau Manipa, Dusun Tihu Desa Tahalupu di Kecamatan Huamual Belakang, Dusun Waiyoho Desa Kawa di Kecamatan Seram Barat serta Dusa Huku Kecil di Kecamatan Elpaputih.

Beliau menilai lokasi yang akan dibangun adalah daerah prorioritas yang dikategorikan sebagai daerah blankspot atau zero signal, disamping itu terdapat daerah-daerah yang mempunyai potensi wisata seperti dusun huhua (Selat Valentine) , potensi perikanan di dusun waiyoho serta pusat pemerintahan tingkat kecamatan seperti desa hunitetu dan desa masawoi.

Upaya pembangunan ketersediaan layanan komunikasi masyarakat yang berbasis seluler di seluruh wilayah Kab.SBB sangat mendukung cita-cita Bapak Bupati dan Wakil Bupati yakni “par kase bae SBB”, serta keberadaan BTS ini akan semakin menunjang terwujudnya program Pemerintahan berbasis elektronik (E-Govermance).

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini pihaknya sudah siapkan Tim Pendamping dari Dinas Kominfo SBB dan sudah menjalankan tugas pendamping selama 2 hari untuk melakukan survey lapangan dan pengambilan titik koordinat, serta koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan desa/dusun terkait dengan masalah administrasi seperti hibah lahan dan lain-lain.

Ia berpesan, kepada masyarakat desa/dusun yang sudah mendapat bantuan pembangunan BTS tersebut “.Marilah kita jaga dan rawat dengan sebaik-baiknya bantuan dari Pemerintah pusat berupa BTS USO BAKTI Kominfo ini, karena telah membuka keterisolasian akses telekomunikasi dan informasi yang selama ini kita idam-idamkan”. Serta untuk Pemerintah Pusat Ia berharap ada perhatian lebih kepada Maluku terutama Kabupaten Seram Bagian Barat yang masih dikategorikan sebagai daerah tertinggal sehingga kedepan bantuan yang diberikan lebih banyak dari tahun ini.

LEAVE A REPLY