Piru-Sekertaris Daerah Mansur Tuharea,SH yang didampingi sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab SBB membuka dengan resmi Rapat Anggota II Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Seram Bagian Barat di aula pertemuan penginapan mentari Piru.

Kegiatan yang bertemakan Konsolidasi Komponen Olahraga di Kabupaten Seram Bagian Barat Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi secara Berkesinambungan turut dihadiri oleh Forkopinda, Wakil Sekertaris Umum KONI Provinsi Maluku Alfred L Apituley,ST dan Ketua Bidang Organisasi KONI Provinsi Bareta M Titioka,M.Si dan para undangan lainnya.

Sekertaris Daerah Mansur Tuharea,SH ketika membacakan sambutan Bupati SBB mengatakan, masalah utama olahraga berprestasi di Kabupaten Seram Bagian Barat adalah proses konsolidasi yang kurang menyeluruh serta proses pembinaan dan pemantapan olahraga yang belum bersifat tetap dan berkelanjutan, sehingga pada saat Kabupaten Seram Bagian Barat dihadapkan pada momen-momen pekan olahraga, kompotisi maupun turnamen baik di dalam skala daerah maupun nasional kita gamang dalam menentukan personil atlet, pelatih dan official. Akibatnya adalah pencapaian prestasi olahraga menjadi tidak maksimal, padahal dalam olahraga berprestasi kita mengenal istilah seorang juara bukan ditemukan tetapi diciptakan yang berlandaskan pada Best On Atlete.

Sekda juga mengatakan olahraga merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dalam proses pembangunan bangsa dan negara. Pembinaan olahraga secara terarah tidak saja akan membentuk insan yang sehat jasmani dan rohani sebagai  modal dasar dalam pembangunan bangsa namun juga sebagai modal dasar dalam pembangunan bangsa, namun juga akan melahirkan prestasi olahraga nasional yang dapat dibanggakan di forum internasional dalam rangka mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa Indonesia.

“Koni KaBupaten Seram Bagian Barat sebagai induk organisasi keolahragaan tertinggi di Kabupaten memiliki peran dan tugas membantu pemerintah daerah untuk menggali dan memberdayakan potensi olahraga dan peningkatan prestasi sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005.  Dalam membangun prestasi olahraga di tingkat Kabupaten menuju prestasi tingkat nasional bahkan dunia, memerlukan proses pembinaan usia dini di tingkat sekolah, klub, perkumpulan sampai dengan pelatihan terpusat dan terpadu di tingkat Kabupaten yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan, dihadapkan kepada jangka Panjang dan sasaran prestasi yang ingin dicapai.” Jelas Sekda.

Selaras dengan itu, pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat telah memiliki satu dinas yang mngurus olahraga yaitu Dinas Pemuda dan Olahraga, diharapkan agar sinergitas antara Koni, Dinas pemuda dan olahraga serta komponen olaharaga di Kabupaten SBB dapat berjalan dengan baik, sehingga aktivitas olahraga dalam bentuk Porda, turnamen, perlombaan dapat berlangsung.

LEAVE A REPLY