piru-Sekertaris Daerah Mansur Tuharea, SH berkesempatan memimpin Upacara Bendera Hari Senin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab SBB, upacara yang berlangsung dilapangan upacara kantor Bupati yang diikuti oleh seluruh pimpinan OPD dan para pegawai.

Upacara tersebut dilakukan karena menindaklanjuti  surat fax Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia  Nomor 019.1/5894/SJ Tanggal 15 Agustus 2018 perihal pelaksanaan upacara bendera dan penggunaan bendera Negara dan surat Gubernur Msluku dan Nomor.019.1/2512 Tanggal 31 Agustus 2018 perihal pelaksanaan upacara bendera dan penggunaan bendera Negara, serta berkenan dengan salah saru langkah dalam memantapkan mental gagasan melalui pembiasaan mengembalikan martabat gagasan yang berdisiplin nasional, cinta tanah air, berkarakter, dan berwawasan kebangsaan yang belandaskan pada Pancasila.

Sebelumnya pada tanggal 18 September 2018 Pemerintah Daerah Seram Bagian Barat lewat Sekretariat Daerah telah melayangkan surat kepada Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemkab SBB perihal pemberitahuan pelaksanaan upacara bendera dan penggunaan bendera Negara dengan beberapa point diantaranya :

  1. Melaksanakan upcara bendera setiap senin pagoi disetiap minggunya sampai ke tingkat kecamatan dan desa. Apabila terdapat tanggal 17 dalam minggu tersebut atau terdapat peringatan Hari Besar Nasional pada salah satu minggu dimaksud, maka Upacara Bendera cukup dilaksanakan pada tanggal 17 atau peringatan hari besar dimaksud, dengan rangkaian upacara sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 019.1/3976.SJ tanggal 28 Juli 2017 perihal Pelaksanaan Upacara Bendera dan Penggunaan Bendera Negara.
  2. Wajib mengibarkan Bendera Negara setiap hari digedung atau kantor Lembaga Pemerintah Daerah, gedung atau kantor DPRD, gedung atau halaman Satuan Pendidikan, gedung atau kantor atau rumah jabatan Bupati/Wakil Bupati/Sekda/ Camat, gedung atau kantor atau rumah jabatan lain. Taman Makam Pahlawan Nasional sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara serta lagu Kebangsaan.
  3. Wajib memasang baleho, spanduk dan bahan publikasi lainnya sebagai bentuk sosialisasi kebangsaan (pemasangan di depan kantor masing-masing atau di tempat-tempat strategis).
  4. Wajib melaksanakan peningkatan kesadaran bela Negara serta pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional dalam rangka memantapkan pengamalan Pancasila dan Undnag-Undang Dasar 1945, pelestarian Bhineka Tunggal Ika serta pertahanan dan pemeliharaan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Khusus untuk Point 1 akan dilampirkan jadwal petugas/Pelaku Upacara dari masing-masing Perangkap Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dan susunan acara upacara bendera setiap hari senin dan upacara hari kesadaran nasional (setiap tanggal 17 bulan berjalan).

LEAVE A REPLY