Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat  Mansur Tuharea, SH berkesempatan membuka kegiatan Aktualisasi dan Sosialisasi Nilai-Nilai 4 Konsensus Dasar Kab.SBB yang berlangsung di Hotel Mitra Desa Piru.

Sekretaris Daerah dalam sambutan mengatakan, Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menumbuh kembangan pemahaman dan pengetahuan warga negara tentang nilai-nilai empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara di tengah era globalisasi dan bencana nasional wabah coronal covid-19 yang sedang melanda bangsa kita bahkan seluruh negara dunia, serta berbagai gejolak aksi demonstrasi yang dilaksanakan menuntut pengesahan undang-undang cipta kerja/omnibus law yang bisa saja berdampak dan mengganggu stabilitas nasional.

Katanya pula, Bangsa Indonesia telah memasuki era globalisasi dan demokrasi yang maju serta desentralisasi yang luas dengan pelaksanaan otonomi daerah yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan guna tercapainya kesejahteraan masyarakat. Namun demikian kita masih pada berbagai menghadapi berbagai permasalahan aspek berupa, masalah moral, ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan, kekerasan dalam rumah tangga, perdagangan perempuan dan anak, kurangnya pemahaman terhadap nilai-nilai persatuan dan kesatuan, pudarnya rasa nasionalisme, maupun rasa patriotisme serta hilangnya rasa cinta terhadap tanah air, bangsa, dan negara.

“Semua permasalahan tersebut yang selama ini kita lihat dan rasakan harus diakhiri dengan membangkitkan semangat, pengetahuan dan pemahaman warga negara mengenai pentingnya empat konsensus dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keempat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara harus tetap dijaga, dipahami, dihayati dan dilaksanakan dalam pranata kehidupan sehari-hari oleh seluruh warga negara, dimana Pancasila sebagai dasar negara, falsafah dan pandangan hidup bangsa; UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan kostitusional dalam bernegara. NKRI sebagai konsensus yang harus dlijaga keutuhannya; Bhineka Tunggal lka sebagai semangat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa” jelas Sekda.

Lanjutnya, empat konsensus dasar ini merupakan tiang penyangga yang saling berhubungan satu sama lain, jika penopang yang satu tidak kuat, maka akan berpengaruh pada keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, untuk itu merupakan tugas kita semua untuk mengaktualisasikan dan mensosialisasikan nilai-nilai empat konsensus dasar tersebut dalam setiap pergaulan kehidupan berbangsa dan bernegara menuju pembagunan nasional sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

LEAVE A REPLY