Piru-Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 pada 17 Agustus 2018, di Kabupaten Seram Bagian Barat disemarakkan dengan sejumlah kegiatan lomba.

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus , setiap warga negara Indonesia baik yang berada di Indonesia maupun berada diluar Negeri memperingati hari Kemerdekaan Negara Replublik Indonesia tepatnya 17 Agustus 1945 dan tahun ini genap berusia 73. Peringatan HUT RI ke 73 ini ditandai dengan Upacara Bendera, namun untuk memeriahkan HUT RI ke 73, berbagai kegiatan pun dilakukan sehingga lebih semarak.

Berbagai Lomba melibatkan seluruh komponen masyarakat umum, Siswa SMA, SMK, SMP, SD dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kab. SBB, berbagai lomba yang diklaksanakan antara lain : lomba Sepeda santai antar pejabat Pemda, lomba Gerak Jalan santai untuk siswa-siswi, Panjat Pinang untuk umum, lompat karung untuk siswa-siswi, jalan santai untuk PNS dan lomba poco-poco masal seluruh PNS.

Setiap lomba ini pun bukan hanya sekedar permaiann atau perlombaan, namun memiliki nilai semangat kePahlawanan, salah satu contohnya seperti Lomba panjat pinang yang mengenang perjuangan para Pahlawan yang kala itu sangat susah untuk meraih kemerdekaan.

Lomba pada hari Sabtu 11 Agustus 2018  antara lain, lomba sepeda santai dilaksanakan 08.00 Wit setelah apel pagi  dengan rute star depan kantor bupati dan finish  di tugu Oma/Opa. Lomba Lompat karung diikuti oleh siswa SMA/SMK dilaksanakan di halaman depan Kantor Dinas Lingkungan Hidup pada jam 10.00 Wit.

Berlanjut pada hari Senin 13 Agustus 2018  dilanjutkan dengan lomba Gerak jalan santai yang diikuti sebanyak 70 peserta berasal dari berbagai sekolah di Kabupaten SBB mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, lomba dilaksanakan pada pukul 07.30 Wit dengan rute star dari kantor kejaksaan dan finis di tugu Oma/Opa. Lomba lompat karung diikuti oleh siswa SMA/MA dan SMK denga kategori putra/putri, kegiatan dilaksanakan pada jam 10.00 Wit di depan Kantor Dinas Lingkungan hidup Kabupaten SBB.

Lomba dilanjutkan pada hari Selasa 14 Agustus 2018 dengan mata lomba Jalan santai dikuti seluruh PNS di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan rute kantor bupati bupati dan finis di tugu Oma/Opa lomba dilaksanakan mulai jam 07.30 Wit dan dilanjutkan dengan lomba Poco-poco masal dengan diikuti oleh seluruh PNS dan masyarakat, ruas jalan Neniari-piru pun dipadati oleh peserta lomba.

Di setiap kegiatan lomba tidak hanya diramaikan oleh barisan peserta lomba, tetapi juga dengan para suporter tiap-tiap peserta. Dinas Komunikasi dan Informatika juga turut memeriahkan setiap lomba yang dilaksanakan terpantau oleh media ini pada setiap kegiatan lomba, mobil Komunikasi dan Informasi Diskominfo selalu memberikan semangat kepada peserta dengan memutar lagu lagu-lagu Nasional Indonesia.

Umumnya semua perlombaan ini dilaksanakan 3-5 hari sebelum tanggal 17 Agustus, setiap peserta dan masyarakat yang ada di kabupaten SBB juga dingatkan kembali akan perjuangan para Pahlawan yang berjuang dengan gigih mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk itu, semangat Kemerdekaan RI ini jangan pernah padam melainkan menjadi suluh bagi para penerus bangsa untuk menjaga kedaulatan Negara tercinta ini. Melalui tindakan positif yang bercermin pada Dasar Negara Indonesia yakni Pancasila.

LEAVE A REPLY