Kepala badan perencanaan dan pembangunan daerah (BAPPEDA) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab. SBB) Hasanudin Sy. Silawane, SH, M.Si terhitung hari senin ini (15/07/2019) mulai efektif menjalankan tugas perdananya sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. SBB. Hal ini terungkap dalam wawancara dengan beliau di ruang kerjanya di BAPPEDA Kantor Bupati SBB, jalan Desa Morekau, kota Piru.

Tugas Sekretaris Daerah sebagaimana tertuang pada Pasal 213 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa pada intinya Sekretaris Daerah mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif, amatlah vital dan tak boleh dibiarkan lowong atau tidak terisi.

Mengingat pentingnya tugas dan tanggung jawab Sekda inilah maka
bapak Mansur Tuharea, SH yang disaat ini sedang dalam masa cuti karena izin untuk menunaikan ibadah Haji di Tanah Suci, digantikan sementara posisinya oleh bapak Bupati Drs. M.Yasin Payapo, MPd dengan menunjuk Silawane, sebagai PLT Sekda Kab. SBB hingga batas waktu yang ditentukan.

Silawane mengatakan “Sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam lingkup pemerintah SBB, saya dipercaya dan diberikan tugas oleh pak Bupati untuk membantu menjalankan roda Pemerintahan bersama beliau sebagai PLT Sekda, soalnya Pak Mansur baru kemarin beserta rombongan calon jemaah haji dilepas oleh Pak Bupati untuk bertolak ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji”.

Beliau menambahkan “saya ditunjuk oleh Pak Bupati yang adalah pejabat pembina ASN dan punya kewenangan untuk menunjuk salah satu pejabat yang dianggap mampu dan cakap dalam menjalankan tugas selaku PLT Sekda ini selama 40 hari, berlaku efektif mulai tanggal ditetapkannya surat keputusan pada tanggal 13 Juli 2019 kemarin.”

“Saya berharap selama masa PLT ini saya bisa menjalankan tanggung jawab ini dengan baik dan mampu bekerja serta bersinergi dengan baik bersama Bapak Bupati, Wakil Bupati dan semua pimpinan OPD, sehingga jalannya roda pemerintahan di Kab. SBB akan tetap berputar sebagaimana mestinya” tutur Silawane menutup wawancara.

LEAVE A REPLY